Ilmuwan Sebut Hutan Primer di Indonesia Terancam Punah dalam 50 Tahun Mendatang

Ilmuwan Sebut Hutan Primer di Indonesia Terancam Punah dalam 50 Tahun Mendatang

Indonesia memang memiliki beberapa hutan primer yang tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, Maluku dan lainnya. Namun dua ilmuwan Indonesia, Yenni Vetrita dan Bambang Hero Suharjo menemukan dalam studi mereka bahwa hutan primer gambut di Kalimantan hingga Sumatera akan punah jika kebakaran hutan yang sering terjadi ini tidak bisa dikendalikan. 

(Pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16-Rydder Lanud Roesmin Pekanbaru, terbang diatas lahan yang terbakar di Koto Tuo, Kampar, Riau, Rabu (21-7-2021). [ANTARA FOTO])

Mereka menyebutkan per tahun 2015, luas kawasan hutan primer di kawasan gambut hanya sekitar 438 ribu hektar (ha) di Sumatera dan 426 ribu ha di Kalimantan. Padahal pada tahun 1990, hutan primer di kedua wilayah itu membentang hingga 3,8 juta ha atau melebihi luas provinsi Jawa Tengah. 

Bersama dengan ahli ekologi dari Amerika Serikat, Mark A. Cochrane, mereka menunjukkan bahwa hutan yang tinggal sedikit itu hanya bisa bertahan sekitar selama 50 tahun apabila kebakaran hutan tidak bisa dihentikan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"