Hewan Purba yang Masih Hidup Hingga Kini, Bentuknya Nyeremin!

Hewan Purba yang Masih Hidup Hingga Kini, Bentuknya Nyeremin!

Sejauh ini, ilmuwan dan peneliti selalu menyertakan Dinosaurus dan kata kepunahan saat membicarakan hewan purba. Kita, sebagai masyarakat awam, akhirnya terlanjur percaya begitu saja. 

Namun, berbeda dari anggapan umum, ada juga lho hewan purba yang masih hidup. Mereka ini adalah jenis hewan yang berhasil selamat mengatasi bencana alam yang memunahkan hewan dan reptil besar lainnya.

Meskipun secara jumlah memang hanya sedikit, namun peneliti berhasil menemukan hewan-hewan purba ini. Sedikit demi sedikit, penemuan yang dipublikasikan di jurnal penelitian ilmiah itu pun mengubah pendapat dan pandangan masyarakat.

Hewan purba (wikipedia.org)

Sebagai tambahan pengetahuan Paragengs, berikut adalah daftar hewan purba yang masih hidup hingga kini. Penasaran apa aja?

Lamprey

Sekilas, bentuknya seperti belut. Oleh karena itu, banyak orang sering juga menyebutnya sebagai belut lamprey. Namun, jangan coba-coba mendekati hewan ini secara sembarangan, deh. Kalo kalian perhatikan, gigi tajam dari Lamprey ternyata berfungsi untuk menghisap darah dari hewan lain, lho.

Lamprey (flickr.com)

Dilansir dari Wikipedia, Lamprey adalah nenek moyang purba dari Ikan Tanpa Rahang dalam orde Petromyzontiformes, kelas Cyclostomata. Lamprey dewasa biasanya memiliki gigi yang tajam. Dan sejauh ini, peneliti berhasil mengidentifikasi 38 varian dari kelas hewan ini. Sayangnya, 5 di antaranya sudah dinyatakan punah.

Pelican

Kalo kamu sering berkunjung ke pantai, biasanya akan melihat hewan Pelican. Paruhnya besar dan kalo mengeluarkan suara bisa berisik banget. Tapi, siapa sangka kalo Pelican ternyata adalah salah satu hewan purba yang masih hidup.

Pelican (wikipedia.org)

Menurut para zoologis, Pelican adalah salah satu genus dari semua burung pantai. Dan yang berjasa memberi kelas tersendiri bagi burung ini adalah seorang botanis dan zoologis asal Swedia, Carl Linnaeus atau juga dikenal Carl von Linne. Dirinya mengabadikan burung ini dalam edisi kesepuluh bukunya "System Naturae" pada tahun 1758.

Hiu Goblin

Kita, masyarakat awam, mengenal hiu adalah salah satu predator lautan. Bagi ilmuwan, terdapat 470 spesies dari hiu yang terbagi ke dalam 12 order. Singkatnya, ada lebih banyak hiu di lautan luas daripada yang kita bayangkan dan ketahui!

Hiu Goblin (animals.howstuffworks.com)

Di antara ratusan hiu itu, Hiu Goblin bisa dibilang paling istimewa.  Beberapa orang menyebutnya sebagai fosil hidup. Hal ini disebabkan perhitungan ilmuwan yang memperkirakan kalo jenis hiu ini sudah ada di Bumi sejak 125 juta tahun yang lalu!

Selain 3 hewan di atas, sebenarnya, masih ada banyak hewan purba yang masih hidup. Yah, semoga dengan tambahan informasi ini, bisa mengubah pandanganmu terhadap hewan, ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"