Hewan-Hewan yang Menjadi Inspirasi untuk Menciptakan 7 Teknologi Ini

Hewan-Hewan yang Menjadi Inspirasi untuk Menciptakan 7 Teknologi Ini

Hewan-hewan ini adalah inspirasi bagi para penemu untuk menciptakan sebuah teknologi canggih. Ya, karena hewan-hewan ini diberikan penciptanya kemampuan yang tidak dimiliki manusia. Lagipula, inspirasi kan bisa datang dari mana aja.

Sebagaimana prinsip umumnya, teknologi diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Jadi, setelah terinspirasi dari para hewan itu, para inventor akan terus mengembangkan teknologi mutakhir agar manusia bisa bertahan hidup, bergerak, atau melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Kalo gitu, dikutip dari berbagai sumber, simak deh hewan-hewan yang menjadi inspirasi untuk menciptakan 7 teknologi ini.

1. Sonar lumba-lumba

1. Sonar lumba-lumba Sonar lumba-lumba (businessinsider.com)

Hewan yang menjadi inspirasi untuk diciptakannya sebuah teknologi yang pertama adalah lumba-lumba. Ya, mereka adalah hewan tercerdas di dunia. Para peneliti pun mengakui kecerdasannya dan timbullah inspirasi untuk menciptakan radar kapal selam.

Lumba-lumba kan berkomunikasi menggunakan sonar di dalam tubuhnya. Dan kapal selam menerapkan prinsip serupa untuk mendeteksi berbagai objek di sekitarnya.

Selain kapal selam, prinsip sonar lumba-lumba juga melahirkan teknologi seperti ultrasonografi (USG) gengs. Keren ya.

2. Sonar kelelawar

2. Sonar kelelawar Sonar kelelawar dan prinsipnya (lericerche.altervista.org)

Kelelawar juga menggunakan sonar dalam tubuhnya. Bedanya, sonar kelelawar mereka gunakan untuk menjelajahi gua dan kegelapan malam. Jadi, mereka gak bakal nabrak deh.

Prinsip itu juga jadi sumber inspirasi para ahli untuk menciptakan ultracane. Teknologi ini digunakan untuk para tunanetra agar bisa berjalan tanpa membentur objek di sekitarnya.

Penambahan sensor seperti yang dilakukan kelelawar ini bisa mendeteksi objek apa pun. Termasuk objek yang posisinya lebih tinggi atau rendah sekalipun di sekeliling kita.

3. Sayap tupai

3. Sayap tupai Sayap tupai dan wingsuit (pinterest)

Tupai menjadi hewan selanjutnya yang menginspirasi bagi terciptanya sebuah teknologi. Yang dimaksud adalah wingsuit buat para penerjun bebas.

Wingsuit mengikuti prinsip kerja sayap tupai. Tupai terbang menggunakan sayap di kiri dan kanan tubuhnya untuk mengontrol dirinya saat terbang.

Demikian halnya kostum wingsuit. Penerjun bebas bisa menukik, berbelok, atau sedikit menurunkan kecepatan jatuhnya dengan prinsip tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"