Hewan-Hewan Prasejarah Ini Bikin Sejarah, Masih Hidup Sampe Sekarang Gengs!

Hewan-Hewan Prasejarah Ini Bikin Sejarah, Masih Hidup Sampe Sekarang Gengs!

Hewan-hewan prasejarah ini bikin sejarah. Kenapa? Ya, mereka masih hidup sampe sekarang. Bentuknya sama, mungkin ukuran tubuhnya aja yang menyusut. Atau malah gak ada bedanya dari dulu.

Mereka terus berkembang biak dari jaman nenek moyangnya yang usianya sampe jutaan tahun. Nenek moyangnya udah jadi fosil, tapi keturunannya masih eksis hingga kini.

Dilansir dari Daily Greatest, hewan-hewan prasejarah ini bikin sejarah karena masih hidup sampe sekarang. Simak gengs. Penting nih buat bahan obrolan weekend gini, hehehe.

15. Platipus

15. Platipus Platipus (labroots.com)

Platipus sebenernya gak hidup di Indonesia. Dia masih sekeluarga dengan hewan jenis ekidna. Mereka hidup dari 5 sampe 15 juta tahun yang lalu. Bentuknya kayak bebek, tapi aneh. Sebagian besar waktunya dihabiskan di air. Berenang terus.

14. Ekidna

14. Ekidna Ekidna sekilas kayak landak ya (dailygreatest.com)

Ekidna dikenal juga sebagai babi duri. Mereka sekeluarga dengan platipus. Mereka juga mamalia yang bertelur. Ekidna bisa dikatakan sebagai fosil hidup yang nenek moyangnya hidup di era 19-48 juta tahun yang lalu. Mereka bahkan jadi mata rantai antara keluarga reptil dan mamalia. Aneh pula bentuknya.

13. Solenodon

13. Solenodon Solenodon, mirip tikus juga ya (repeatingislands.com)

Bukan Sule ya, tapi sole, solenodon. Mereka adalah mamalia juga yang punya karakteristik mamalia pertama di Bumi. Mereka hidup sejak 76 juta tahun lalu. Keunggulannya, mamalia ini berbisa. Mereka adalah hewan nokturnal dan biasa ngumpet di bawah tanah.

12. Hiu goblin

12. Hiu goblin Kayak gitu tuh Hiu Goblin (reddit.com)

Hiu goblin adalah salah satu hewan paling serem di dunia. Nenek moyangnya hidup sekitar 120 juta tahun yang lalu! Hiu goblin ini emang punya penampilan yang sangar dan menyeramkan. Tapi siapa sangka kalo doi gak berbahaya bagi manusia. Dia mah gitu gayanya~

Rendah hati dan tidak sombonks.

11. Semut dari Mars(?)

11. Semut dari Mars(?) Semut dari Mars (cns.utexas.edu)

Buat yang bertanya-tanya, emang ada kehidupan di Mars? Ada, tuh... semut dari Mars. Tapi itu cuman namanya doang begitu. Para peneliti meyakini bahwa semut ini hidup sejak 120 juta tahun lalu. Keberadaan mereka bahkan baru diketahui tahun 2000 lalu dan hidup di hutan hujan Amazon, Brasil.

10. Ikan pari air tawar raksasa

10. Ikan pari air tawar raksasa Ikan pari air tawar raksasa~ (mtdemocrat.com)

Ikan pari air tawar adalah salah satu jenis ikan terbesar di dunia. Tubuhnya punya luas sekitar hampir 4 meter persegi. Beratnya sekitar 600 kilogram, makanya disebut raksasa. Mereka pun hidup sejak 150 juta tahun lalu. Tapi sayang, mereka banyak diburu sampe terancam punah.

9. Salamander raksasa cina

9. Salamander raksasa cina Gede banget salamandernya yak~ (abc.com.py)

Ini dia hewan amfibi paling besar di Bumi. Panjang tubuhnya sekitar 1,8 meter. Dia hidup dari 170 juta tahun lalu. Di China, hewan ini sering dikonsumsi warga setempat untuk dijadikan obat-obatan tradisional.

Akibatnya, populasinya terancam punah juga. Sebab lainnya seperti polusi udara dan habitat yang rusak. Kasian yak~



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"