Helikopter baru TNI kece banget nih. Makin mantep juga dengan berbagai kemampuan dan kecanggihannya. Bikinan Indonesia lagi, bangga deh!

Pertahanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) makin kuat dan canggih aja nih. Pasalnya, TNI baru aja memesan 17 unit helikopter baru yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

17 unit helikopter yang dipesan terdiri dari helikopter H225M untuk TNI AU serta helikopter Bell-412EP untuk TNI AD. Anggaran yang disiapkan untuk pemesanan helikopter canggih ini sebesar 513 juta dollar AS.

Soal kemampuan? Dikutip dari Merdeka.com, kuy disimak beberapa kecanggihan helikopter baru bikinan negara kita sendiri ini.

1. Terbang selama 6,5 jam

1. Terbang selama 6,5 jam Helikopter H225M (airbus.com)

Helikopter H225M untuk TNI AU adalah nama komersial yang sama dengan Helikopter EC725 Cougar. Heli ini merupakan keluarga Super Puma, produk kerja sama industri PTDI dengan Airbus Helicopters, Prancis.

Helikopter H225M ini menggunakan mesin ganda, 2x Turbomeca Makila 1A4 turboshaft. Kecepatan maksimumnya mencapai 324 kilometer per jam (175 knot) dan bisa mengudara selama 6,5 jam non-stop.

Helikopter H225M ini memiliki panjang 19,5 meter, dan tingginya 4,6 meter. Kemampuan terbangnya dalam ketinggian 6.905 meter atau 19.997 kaki.

2. Ya jelas ada senjata canggihnya

2. Ya jelas ada senjata canggihnya Buat kebutuhan militer dan lain-lain (airbus.com)

Helikopter H225M mampu mengangkut 29 penumpang beserta dua kru pilot. Heli multi-role ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih seperti LCD multifungsi 6"x8" pada cockpit.

Layar tadi terintegrasi pula dengan peta digital atau peperangan elektronik. Belum lagi full glass cockpit, dan lain-lain.

Helikopter itu juga dipersenjatai dengan gun pod atau rocket pod. Sementara untuk melindungi diri dari serangan, helikopter juga dilengkapi pelapis baja untuk pilot dan kopilot. Ada juga senjata berkaliber 7,62 mm atau 12,7 mm.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations