Hari Valentine Menurut Agama Kristen, Boleh Apa Gak Sih?

Hari Valentine Menurut Agama Kristen, Boleh Apa Gak Sih?

Tahu gak gengs, kalau dulu hari valentine masuk ke dalam kalender gerejawi, tapi akhirnya dihapus pada tahun 1969. Soalnya sejarah hari valentine ini gak jelas dan absurd. Gak ada bukti sejarah perayaan valentine adalah kewajiban atau bagian dari hari keagamaan.

Hari valentine sempat dihapus karena perayaan hari-hari tertentu dianggap hanyalah sikap hidup yang bersifat keduniawian aja.

Hari Valentine Menurut Agama Kristen

Hari Valentine Menurut Agama Kristen Hari valentine menurut agama kristen (ucg.org)

Tapi kenyataannya hari valentine masih sangat popular hingga saat ini. Lalu bagaimana pandangan hari valentine menurut agama kristen?

Menurut legenda, dulu ada seorang bernama Valentine. Seorang biarawan Katolik yang hidup pada abad ketiga. Ia dihukum mati oleh Kaisar Claudius II karena melanggar perintah, yaitu melarang pemuda Romawi untuk menjalin cinta dengan seorang gadis.

Kenapa dilarang? Soalnya kalau sampai menjalin hubungan asmara bisa-bisa gak berangkat perang gengs. Prajurit sangat dibutuhkan waktu itu. Untuk melawan Romawi.

Valentine tertagkap memberikan sakramen pernikahan. Dia dhukum penjara dan dihukum mati. Karena banyak yang bersimpati dengan tindakannya, ia mendapat banyak bunga dan ucapan semangat.

Hingga akhirnya, apa yang dilakukan menjadi sejarah lahirnya hari valentine.

Boleh merayakan hari valentine (freeccm.com)

Kemudian 800 tahun setelah peristiwa hukuman mati kepada Valentine, golongan hierarki Gereja Katolik Roma mengangkat Pastor Valentine menjadi seorang Santo dan menetapkan Valentine’s Day setiap tanggal 14 Februari.

Lalu bagaimana hari valentine menurut agama Kristen donk? Sebenarnya hari valentine bukan hari keagamaan atau hari khusus bagi umat Kristen.

Hari valentine menurut agama Kristen, bisa dimaknai dengan kembali  bagaimana kasih sayang Allah kepada umat manusia. Hari valentine menurut agama Kristen tidak perlu dilarang.

Hari valentine bisa dirayakan dengan doa bersama, mengungkapkan kasih sayang kepada kerabat dan teman, juga berterimakasih kepada Allah atas kasihNya.

Hari valentine menurut agama Kristen bisa digunakan untuk beribadah bersama dan menjalin kasih sayang dengan sesama manusia serta alam.

Hari valentine menurut agama Kristen adalah hari untuk melakukan aksi nyata. Untuk membalas kasih-Nya adalah dengan menerapkan hukum kasih dalam Alkitab yang kedua. Mengasihi sesama sebagai ucapan syukur karena keselamatan yang telah Allah berikan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"