Hari Santri Nasional, Peran Besar Mempertahankan Kemerdekaan yang Hampir Terlupakan

Hari Santri Nasional, Peran Besar Mempertahankan Kemerdekaan yang Hampir Terlupakan

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penududuk beragama Islam terbesar di dunia. Yakni lebih dari 200 juta jiwa memeluk agama yang ditegakkan oleh Nabi Muhammad SAW ini. Jumlah sebanyak ini jika direfleksikan kedalam kondisi sosial akan melahirkan kelompok sosial santri.

Hari Santri Nasional ditetapkan untuk memperingati peran besar kaum kiai dan kaum santri dalam perjuangannya melawan penjajah. Tanggal 22 Oktober dipilih karena bertepatan dengan resolusi jihad dari KH. Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdaltul Ulama.

Santri Indonesia (wajibbaca.com)

Ada beberapa alasan lain dari pemerintah, melalui Presiden Jokowi, menjadikan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Presiden menjelaskan peran besar santri untuk bangsa Indonesia. 

Dengan dipimpin para tokoh pendiri, santri ini menyumbangkan perjuangan modern melalui organisasi masyarakat. Untuk itu Hari Santri Nasional sangat penting ditetapkan.

Resolusi jihad yang diceruskan oleh pendiri NU yaitu KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober pada tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah dan mengahalangi kembalinya tentara kolonial Belanda yang mengatas namakan NICA.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"