Hari Musik Nasional yang Diperingati Setiap 9 Maret, Ternyata Begini Sejarahnya

Hari Musik Nasional yang Diperingati Setiap 9 Maret, Ternyata Begini Sejarahnya

Hari Musik Nasional yang disahkan dalam Keppres Nomor 10 Tahun 2013 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ternyata memiliki asal-usulnya. Begini ulasannya...

Hari Musik Nasional yang ditetapkan sejak 9 Maret 2013 lalu menjadi salah satu peringatan mengenai musik di Indonesia. Meskipun bukan merupakan Hari Libur Nasional, hari musik ini menjadi hari yang membahagiakan baik bagi para musisi maupun bagi masyarakat pada umumnya.

Berdasarkan Keppres, dijelaskan bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multi dimensional, dimana merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan dan memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional.

Tujuan ditetapkannya Hari Musik Nasional adalah untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik, khususnya musik yang lahir dari rahim Indonesia.

Susilo Bambang Yudhoyono juga penggemar musik bahkan menciptakan lagu (tirto.id)

Perayaan Hari Musik Nasional hanya dirayakan di negara Indonesia saja, karena memang ada juga Hari Musik Internasional yang diselenggarakan setiap tanggal 21 Juni. 

Tahukah kamu gengs, kenapa Hari Musik Nasional dipilih tanggal 9 Maret? Hal ini karena bertepatan dengan tanggal lahirnya WR Supratman.

WR Supratman sang musisi legendaris (makassar.tribunnews.com)

Sang Pahlawan Nasional yang telah menciptakan lagu kebangsaan ini merupakan penggiat musik yang aktif. Ia juga merayakan hari musik di tanggal tersebut meski statusnya belum diresmikan oleh pemerintah.

Saat PAPPPRI atau Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia memberi usulan pada Presiden Megawati Soekarnoputri, namun sayangnya waktu itu, usulannya memang belum diterima. 

Setalah 10 tahun kemudian, akhirnya akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Hari Musik Nasional melalui Keputusan Presiden No.10 tahun 2013.

Pada hari Musik Nasional biasanya diadakan gebyar Hari Musik Nasional. Gebyar ini tak hanya dipusatkan di Ambon. Namun, di Jakarta juga ada event yang meriah dan menjangkau berbagai kalangan.

Gebyar Musik Nasional (voicemagz.com)

Gimana gengs, untuk tahun 2020 apa yang ingin kamu lakukan di Hari Musik Nasional. Selain menonton gebyar yang mengundang para musisi profesional, kita sebagai penikmat musik juga bisa melakukan hal yang seru untuk memperingatinya. Tulis rencanamu di tahun depan untuk memperingati Hari Musik Nasional.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"