Hari Gencatan Senjata di Belgia dan Prancis

Hari Gencatan Senjata di Belgia dan Prancis

Perang Dunia I menjadi perang yang sangat dahsyat. Bahkan tidak ada yang menyangka, bahwa akan ada perang selanjutnya setelah masa damai yang melegakan.

Musim panas 1918, pasukan Jerman melancarkan serangan di sepanjang Front Barat. Mereka berhasil memenangkan beberapa wilayah tapi juga mengalami banyak kerugian dan jatuh korban. Kekalahan itu sudah bisa diperkirakan, setelah AS di bawah Presiden Woodrow Wilson pada April 1917 turut menyatakan perang melawan Jerman. Pasukan Amerika memukul mundur pasukan Jerman.

Perang Dunia 1 sangat mengerikan (britannica.com)

Perang Dunia I adlah perang yang sungguh mengerikan dan menimbulkan kerugian besar di semua pihak. Perang ini juga menandai runtuhnya Kekaisaran Ottoman yang memicu kemunculan negara-negara baru di Timur Tengah.

Dikutip dari Jawapos.com, kemajuan teknologi dan industrialisasi menciptakan senjata-senjata mengerikan. Ada kendaraan lapis baja yang tahan peluru, perahu yang bisa bermanuver di bawah permukaan air, artileri kaliber besar dengan daya jangkau jauh, senjata kimia dengan gas beracun. Senjata baru yang mudah sekali merenggut nyawa bahkan puluhan sekaligus.

Hari gencatan senjata di Belgia dan Prancis terjadi pada tanggal 11 November 1918. Menjadi hari yang sangat bersejarah. Tanda berakhirnya Perang Dunia I. Hari itu adalah hari penandatanganan gencatan senjata dekat Paris, Prancis.

Peperangan dengan teknogi baru yang mematikan (theatlantic.com)

Pada hari gencatan senjata di Belgia dan Prancis itu, ketua tim negosiator Jerman, Mathias Erzberger, menyeberang perbatasan Belgia-Perancis. Dia pergi menuju hutan kecil di Compiegne, sekitar 90 kilometer dari Paris. Untuk bertemu ketua tim negosiator Perancis, Marshall Ferdinand Foch.

Setelah bertemu dan bernegosiasi, keduanya lantas menandatangani dokumen bersejarah kesepakatan gencatan senjata (armistice) yang mengakhiri Perang Dunia I. Tepat pada pukul 11.00 waktu setempat. Penandatanganan ini terjadi di atas gerbong kereta api. beberapa bulan kemudian menyusul pimpinan Sekutu dan Jerman menandatangani perjanjian perdamaian di Istana Versailles.

Hari Gencatan Senjata di Belgia dan Prancis memberikan nafas lega (cnn.com)

Hari gencatan senjata di Belgia dan Prancis ini menjadi babak baru kehidupan negara-negara yang turut andil dalam Perang Dunia I. Tanggal 11 November sekaligus diperingati sebagai hari Veteran.

Selain perdamaian sementara, sisa yang mengerikan dari Perang Dunia I sungguh tidak terduga. Kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I menjadi awal kemunculan Adolf Hitler dan Nazi. Kelompok yang nantinya akan memicu Perang Dunia II yang lebih menghancurkan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"