Hari Buku Nasional 2019, Rayakan dengan Ucapan yang Inspiratif

Hari Buku Nasional 2019, Rayakan dengan Ucapan yang Inspiratif

Tanggal 23 April 2019 nanti warga dunia akan merayakan Hari Buku Sedunia. Sementara di tingkat nasional, Hari Buku Nasional jatuh pada tanggal 17 Mei. Jadi hanya bertautan kurang dari satu bulan saja.

Banyak cara untuk merayakan hari buku baik nasional maupun dunia. Kebanyakan orang mungkin akan membaca salah satu koleksi buku mereka, membeli buku baru, membersihkan rak buku, atau sekedar mendiskusikan buku dengan teman.

Tetapi ditengah minat baca yang kecil di masyarakat Indonesia, merayakan Hari Buku Nasional bisa dilakukan dengan menyebarkan ucapan inspiratif dari beberapa tokoh dunia. Yuk kita lihat apa saja kata-kata mereka untuk meningkatkan minat membaca di hari buku nanti.

1. Dr. Seuss

1. Dr. Seuss Dr. Seuss (biography.com)

Dr. Seuss adalah penulis buku anak yang terkenal. Ia banyak menceritakan dongeng-dongeng yang mampu menggugah daya imajinatif anak-anak.

"Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal yang akan kamu ketahui. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak yang akan kamu kunjungi."

Membaca buku membuka jendela dunia. Semakin banyak kita membaca, akan banyak pula hal yang kita ketahui.

2. Maya Angelou

2. Maya Angelou Maya Angelou (smithsonianmag.com)

Maya Angelou merupakan penulis puisi, buku, penyanyi, bahkan aktivis hak asasi manusia. Dari karya-karyanya kita akan paham apa artinya memperjuangkan kebebasan manusia dari penindasan.

"Buku apapun yang membantu seseorang anak membentuk kebiasaan membaca, menjadikan membaca kebutuhannya yang mendalam dan tiada habis, adalah buku yang baik baginya."

Kebiasaan membaca buku tidak datang begitu saja. Harus dilatih hingga seseorang menjadikan kegiatan membaca buku sebagai suatu kebutuhan untuk membuka pikiran.

3. Jostein Gaarder

3. Jostein Gaarder Jostein Gaarder (wikipadia.org)

Penulis novel 'Dunia Sophie' ini kerap mengajak pembacanya menyelami ide-ide dunia dengan dalam. Jostein kerap menulis dengan perspektif anak-anak.

"Aku tahu bahwa setiap kali membuka sebuah buku, aku akan bisa memandang sepetak langit. Dan jika aku membaca sebuah kalimat baru, aku akan sedikit lebih banyak tahu dibandingkan sebelumnya. Dan segala yang ku baca akan membuat dunia dan diriku sendiri menjadi lebih besar dan lebih luas."

Dunia akan menjadi lebih luas ketika kita membaca buku. Karena akan selalu ada hal baru yang akan kalian temukan di setiap kalimat barunya.

4. Charles W. Eliot

4. Charles W. Eliot Charles W. Eliot (wikipedia.org)

Ia merupakan sarjana dari Amerika Serikat yang terpilih sebagai Presiden Harvard di tahun 1869.

"Buku adalah sahabat yang paling tenang dan setia; pembimbing yang paling bijak dan terbuka; dan guru yang paling sabar."

Membaca buku seperti sedang berdialog dengan seseorang. Kadang buku bisa menjadi guru, kawan, atau pembimbing kita.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"