Hampir Mirip, Inilah Perbedaan Beda Baking Soda, Soda Kue dan Baking Powder

Hampir Mirip, Inilah Perbedaan Beda Baking Soda, Soda Kue dan Baking Powder

Apa sih perbedaan baking soda, soda kue, dan baking powder? Bagi kamu yang senang membuat kue, pasti familiar dengan bahan-bahan tersebut. Bahan pengembang ini seringkali digunakan sebagai bahan pembuat kue. 

Namun, ternyata masih banyak yang bingung mengenai perbedaan dan fungsinya masing-masing. Nah, agar lebih paham perbedaan baking soda, soda kue dan baking soda, simak informasi berikut ini.

1. Bahan Baku

1. Bahan Baku Perbedaan Beda Baking Soda, Soda Kue dan Baking Powder (via Royco)

Baking soda atau dikenal juga dengan soda kue dan baking powder sama-sama berfungsi sebagai pengembang makanan. Baik baking powder maupun baking soda merupakan ragi yang dibentuk dari natrium bikarbonat. 

Yang membedakan keduanya adalah baking soda merupakan bahan pengembang kue yang mengandung 100% zat kimia yaitu natrium bikarbonat yang punya sifat basa. Sementara itu, baking powder dibuat dengan mencapur natrium bikarbonat dengan bahan-bahan lain seperti krim tartar yang memiliki sifat asam.

Cara kerja keduanya adalah dengan menghasilkan gelembung-gelembung gas karbon dioksida setelah natrium bikarbonat tercampur dengan asam. Gas karbon dioksida ini membantu kue untuk mengembang di bawah panas tinggi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"