Hal-hal yang Harus Kamu Tau Tentang Benua Antartika, Indah Tapi Nyeremin Gengs

Hal-hal yang Harus Kamu Tau Tentang Benua Antartika, Indah Tapi Nyeremin Gengs

Oleh ilmuwan maupun akademis, benua Antartika kerap disebut sebagai Mars Putih. Yah, mengingat kondisi ekstremnya nggak jauh berbedari dari Planet Mars. Pertanyannya, kondisi ekstrem yang bagaiamana?

Sekilas melihat gambar-gambar dari benua yang terletak di kutub selatan planet Bumi ini, hanya ada warna putih belaka. Indah, belum banyak dijamah oleh manusia maupun teknologi, namun menyimpan bahaya dan misteri.

Antartica (unsplash.com)

Pada tahun 2005, dua negara Eropa, Itali dan Perancis, membangun stasiun di benua Antartika dan diberi nama Concordia. Di stasiun itulah Agensi Luar Angkasa Eropa (ESA) menjalankan penelitiannya untuk mengungkap rahasia-rahasia semesta.

Dihuni oleh hampir 60 peneliti yang hidup terputus dari dunia luar, mungkin terasa menyeramkan. Apalagi suhu udara yang teramat sangat rendah dan ditambah tipisnya oksigen dan cahaya. Hmm, bisa kalian bayangkan? 

Peneliti Concordia (brightside.me)

Itulah sekilas perkenalan tentang benua Antartika yang diakui sebagai benua tertinggi di dunia ini. Masih merasa kurang? Yuk simak 3 fakta kehidupan peneliti di Concordia di bawah ini. Ada beberapa peraturan yang aneh dan nggak masuk akal, gengs!

Dilarang buang air kecil di kamar mandi saat mandi

Sebagian besar air segar yang digunakan untuk kehidupan para peneliti di Concordia diperoleh dari salju yang dicairkan. Dan proses pencairan salju itu pun membutuhkan banyak bahan bakar. Oleh karena itu, setiap peneliti diwajibkan untuk menghemat penggunaan air.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"