Hal-Hal Baik yang Patut Diteladani Diantara Banyaknya Kisah Buruk Tentang Persaudaraan Kurawa

Hal-Hal Baik yang Patut Diteladani Diantara Banyaknya Kisah Buruk Tentang Persaudaraan Kurawa

Konsepsi baik dan buruk itu bersifat relatif, bahkan terkadang bersifat subjektif juga. Tidak semua yang baik itu bersih tanpa celah untuk keburukan, dan tidak selamanya sesuatu yang kita nilai buruk hanya melulu buruk saja tanpa setitik pun kebaikan.

Begitu juga sudut pandang masyarakat terhadap kurawa. Ada yang bilang bahwa kurawa adalah penjahat dalam cerita Ramayana, tapi siapa yang tahu? Kan sejarah ditulis oleh mereka yang berkuasa.

Dan kali ini kita akan membahas kebaikan apa yang kiranya dapat diteladani dari seratus bersaudara yang berperang melawan pandawa memperebutkan tahta kerajaan, yuk upgrade pandanganmu tentang kurawa sekarang!

1. Duryudana

https://1.bp.blogspot.com/

Sering didaulat sebagai dalang dan penyebab dibalik pecahnya peperangan baratayuda, Kakak tertua dari seratus bersaudara ini ternyata memiliki sifat yang sangat bertanggung jawab.

Disadarkan oleh fakta bahwa ia memiliki banyak saudara, dan kondisi ayahnya yang memiliki keterbatasan, membuatnya memikul tanggung jawab atas keberadaan adik-adiknya yang berjumlah 99 orang. Ia melakukan segala hal demi meyakinkan bahwa kebutuhan saudaranya tercukupi.

2. Dursasana



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"