Habib Rizieq Dihadiahi Pesawat Oleh Raja Salman ? Mungkin Gak Sih ? Ini Kebenarannya

Habib Rizieq Dihadiahi Pesawat Oleh Raja Salman ? Mungkin Gak Sih ? Ini Kebenarannya

Baru-baru ini muncul sebuah postingan Facebook oleh akun bernama Edi S yang menguggah postinga video pesawat bertuliskan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. 

Video itu disertai keterangan yang mengatakan bahwa pesawat tersebut merupakan hadiah dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. Postingan tersebut dibagikan ke beberapa forum Facebook Kami Bersama Gatot Nurmantyo, Kamis (5/11).

Narasi postingan tersebut.

"BREAKING NEWS: Hadiah terbesar dari Raja Salman Arab Saudi," tulis postingan tersebut.

Namun, setelah ditelusuri video pesawat bergambar Habib Rizieq adalah hoaks, demikian dilansir dari laman turnbackhoax.id. Faktanya, video tersebut bukan memberitakan hadiah pesawat dari Raja Salman untuk Habib Rizieq, melainkan merupakan video animasi yang sudah beredar sejak tahun 2017.

Video animasi pesawat yang sebenarnya telah diunggah oleh kanal YouTube AMF Channel pada 27 Desember 2017 serta kanal YouTube Studio Habibi pada 31 Desember 2017.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh pengguna Facebook Edi S dalam forum Kami Bersama Gatot Nurmantyo tersebut bisa dapat dipastikan dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

Kesimpulannya yaitu dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut pesawat bergambar Rizieq Shihab pemberian Raja Salman adalah klaim yang keliru atau tidak benar sama sekali. 

Jadilah pembaca yang cerdas dan untuk mengecek kembali semua informasi yang ada, jangan sampai anda termakan berita hoax atau tidak benar. Karena hal itu bisa merugikan anda karena mendapatkan informasi yang salah.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"