Gus Dur Pernah Ramal Jokowi Bakal Jadi Presiden, Terbukti Benar Ucapannya

Gus Dur Pernah Ramal Jokowi Bakal Jadi Presiden, Terbukti Benar Ucapannya

Semasa hidup mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur  memang sering melontarkan pernyataan-pernyataan yang ternyata benar terjadi di masa yang akan datang. Salah satunya meramal Jokowi bakal menjadi Presiden Indonesia. Ucapannya pun terbukti benar.

Pada 8 Januari 2006 lalu, Gus Dur yang sudah tak lagi jadi Presiden mengunjungi Solo, Jawa Tengah. Kebetulan kala itu ayah Gibran Rakabuming itu baru enam bulan menjabat sebagai Wali Kota Solo. Pertemuan itu berlangsung di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

Gus Dur saat berbincang dengan Jokowi menyisipkan kalimat bahwa semua orang di Indonesia punya peluang yang sama untuk bisa jadi Presiden, selama rakyat memang menghendakinya. “Siapapun yang dikehendaki rakyat termasuk pak Jokowi ini, kalau jadi Wali Kota Bagus, kelak bisa juga jadi Presiden,” kata Gus Dur dilansir dari Okezone.

Gus Dur Pernah Ramal Jokowi Bakal Jadi Presiden, Terbukti Benar Ucapannya (Tribun)

Saat Gus Dur mengatakan hal itu, Jokowi sama sekali tidak memberikan respon apa-apa. Ia hanya tersenyum kepada Gus Dur. Ternyata ucapan Gus Dur benar-benar terjadi. Delapan tahun kemudian, di tahun 2014 Jokowi resmi dilantik sebagai Presiden ke-7 Indonesia. Apakah Jokowi masih ingat kata-kata dari Gus Dur yang pernah diungkapkan kepadanya?

Selain ramalan Jokowi bisa jadi Presiden, Gus Dur juga beberapa kali pernah meramal hal yang jadi kenyataan. Salah seorang tokoh Islam KH.Bukhori Masruri pernah mendengarkan ucapan Gus Dur yang memprediksi Soeharto akan turun tahta menjadi Presiden setelah 32 tahun menjabat sebagai Presiden. Tepatnya 11 bulan sebelum Soeharto mengundurkan diri di tahun 1998 silam.

Dalam obrolannya yang menggunakan bahasa Jawa, Gus Dur mengatakan bahwa Soeharto tidak lama lagi akan selesai masa jabatannya sebagai Presiden. “Wis rasa ngrembuk kuwi, Pak Harto sedelo meneh jatuh (Sudah tak usah bicara itu, sebentar lagi Pak Harto jatuh



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"