Gus Dur Dulu Suka Masuk ke Gereja, Alasannya Nggak Disangka

Gus Dur Dulu Suka Masuk ke Gereja, Alasannya Nggak Disangka

Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dikenal sebagai sosok yang sangat menjunjung tinggi toleransi. Maka Gus Dur dapat julukan sebagai bapak pluralism Indonesia. Semua umat agama di Indonesia dijaga hubungannya oleh Gus Dur. Bahkan beberapa kali Gus Dur masuk ke gereja  lho.

Kebiasaan Gus Dur masuk ke rumah ibadah umat nasrani tentu bukan untuk berdoa dan beribadah. Gus Dur justru ingin menemui beberapa umat Islam yang bekerja dan tinggal di sekitar gereja tersebut. Melansir dari channel YouTube ATTA BIK MUHAMMAD, KH Marzuqi Mustamar, Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur pernah menanyakan alasan kepada Gus Dur.

Kepada Kiai Marzuqi Gus Dur memberikan jawaban yang cukup lugas dan bijaksana. Ayah Yenny Wahid ini mengatakan dia datang ke gereja untuk merawat umat yang tercecer. “Apa kamu kira di gereja nggak ada umat Islam yang kerja di sana?,” kata Gus Dur kepada Mazuqi saat itu.

Gus Dur Dulu Suka Masuk ke Gereja, Alasannya Nggak Disangka (Okezone)

Gus Dur ingin menyampaikan kebenaran tentang Islam. Ia berharap umat Islam yang bekerja di gereja atau tinggal di dekat gereja tetap beragama Islam dan semakin kuat menjalani ibadah sebagai seorang penganut agama Islam. “Kalau ketemu orang Islam menasehati mereka, kamu masih Islam, kuatkan ke-Islaman mu,” jelas Gus Dur.

Gus Dur juga pernah menghadiri ibadah di gereja Kristen Protestan. Bahkan ia memberikan ceramah di depan umat Kristen Protestan yang menghadiri kebaktian itu. Dilansir dalam channel YouTube LANEAY NIDIBA video berjudul “PIDATO GUSDUR DI GEREJA sudah disaksikan ribuan kali oleh warganet.

“Saya merasa bersyukur Tuhan yang maha esa memberikan keragaman besar dalam agama, dalam budaya, asal usul etnis, dalam bahasa, dan sebagainya,” kata Gus Dur. Gus Dur pun mengucapkan kalimat positif dan penyemangat kepada para umat dalam ibadah itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"