Gimana Ya Cara Manusia Purba Potong Kuku? Soalnya Gunting Kuku Baru Ditemukan Abad ke-20

Gimana Ya Cara Manusia Purba Potong Kuku? Soalnya Gunting Kuku Baru Ditemukan Abad ke-20

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang penting. Fungsinya adalah membantu kita untuk memotong, mengikis, atau menjadi tambahan pegangan buat jari-jari kita.

Kuku akan membantu melindungi jaringan pembuluh darah, otot, dan daging di baliknya. Kuku juga mengandung protein yang disebut keratin. Protein ini juga ada di rambut kita.

Seperti halnya rambut, kuku akan selalu tumbuh selama kita hidup. Sebab, kuku akan selalu tumbuh dari matriks atau sebuah kantong kecil yang berada di bawah kulit. Matriks itu akan membuat sel baru dan mendorong sel yang lebih tua ke atas.

Kuku kita selalu memanjang, sebaiknya sih segera potong kuku (rd.com)

Makanya, kuku akan selalu memanjang tanpa kita sadari.

Ketika kuku kita udah mulai panjang, sebaiknya ya dipotong. Mungkin emang banyak yang memelihara kuku sampe panjang, tapi bisa berbahaya juga lho buat kita. Jari kita bisa sakit dan kita bisa melukai diri kita atau orang lain tanpa disadari.

Atas itulah manusia menciptakan sebuah teknologi bernama: gunting kuku!

Di Eropa, praktik memotong kuku dilakukan dengan pegangan tulang. Hal ini tertulis dalam catatan sejarah, bahwa alat itu diperkirakan digunakan manusia sekitar abad ke-6 hingga ke-8 Sebelum Masehi (SM).

Lalu berabad-abad kemudian, orang-orang mengenal gunting kuku yang bentuknya seperti rahang melengkung. Alat itu bekerja ketika tuasnya kita tekan. Tapi ada juga yang bentuknya kayak tang.

Gunting kuku modern diciptakan pertama tahun 1875 (atlasobscura.com)

Gunting kuku modern diciptakan pada abad ke-19. Penciptanya pertama kali adalah Velentine Fogerty pada tahun 1875 di Inggris. Kemudian desain gunting kuku mengalami perkembangan pada tahun 1896 yang muncul dengan mereka Gem yang dibuat oleh perusahaan HC Cook Company.

Puluhan tahun kemudian, tepatnya tahun 1947, perusahaan WE Bassett Company kembali mengembangkan gunting kuku. Muncullah mereka Trim. Dan gunting kuku merek Trim inilah yang desainnya masih digunakan sampe sekarang.

Gunting kuku merek Trim ini sebenernya ya mirip juga sama merek Gem. Tapi bedanya, ditambahkan dua buah kancing di dekat kedua rahang pada gunting kuku Trim. Kancing itu berfungsi untuk mencegah pergerakan hanya pada satu sisi rahang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"