'Gerbang Neraka' di Turkmenistan Hendak Ditutup Presiden, Padahal Sudah 50 Tahun Jadi Tujuan Wisata dan Sumber Pendapatan

'Gerbang Neraka' di Turkmenistan Hendak Ditutup Presiden, Padahal Sudah 50 Tahun Jadi Tujuan Wisata dan Sumber Pendapatan

Kawah Darvaza adalah situs Turkmenistan yang paling diakui secara internasional yang dikenal sebagai "Gerbang Neraka". Meskipun jadi salah satu sumber pendapatan Negara dan diakui internasional, nyatanya tidak semua orang terkesan dengan keberadaannya.

Belum lama ini Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdymukhamedov malahan dilaporkan telah memerintahkan penutupan situs yang memiliki nama resmi 'The Radiance of Karakum'tersebut. 

# Sejarah Terbentuknya Kawah Darvaza

Kawah Darvaza di Turkmenistan (minews.id)

Kawah ini terbentuk pada awal 1970-an, ketika ekspedisi pengeboran gas Soviet. Setelah tanah runtuh, para ilmuwan berusaha menyalakan api lubang besar untuk mencegah penyebaran gas alam. Sejak saat itu pulalah, api tersebut terus menyala.

Meskipun kawah Darvaza telah menjadi daya tarik wisata, Berdymukhamedov telah meminta kabinetnya untuk menemukan cara untuk menutup gerbang tersebut.

# Alasan Kawah Darvaza Ditutup



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"