Ganti Nama, Aplikasi Seni Adobe Adopsi Gaya Lukis Abad Pencerahan

Ganti Nama, Aplikasi Seni Adobe Adopsi Gaya Lukis Abad Pencerahan

Project Gemini ditujukan untuk para seniman lukis yang ingin beralih ke media digital saat ini sudah berganti nama menjadi Adobe Fresco.

Aplikasi seni Adobe untuk iPad yang dahulu bernama Project Gemini kini telah berganti nama menjadi Adobe Fresco. Fresco sendiri adalah teknik melukis yang besar di Italia yang sudah berabad-abad lalu di masa pencerahan. 

Dengan mengusung nama tersebut, aplikasi memang ditujukan untuk artis profesional. Bagi yang berminat sudah disediakan akses beta secara pribadi di Creative Cloud Suite, dan akan diluncurkan secara penuh akhir tahun ini. 

Adobe Fresco (engadget.com)

Adobe Fresco dimaksudkan untuk memberi seniman akses ke berbagai alat di luar desktop mereka. Aplikasi ini akan menggabungkan raster, vektor, dan kuas dinamis dalam satu aplikasi, dan memungkinkan seniman untuk menyinkronkan kuas mereka di Photoshop CC.

"Para ilmuwan Adobe telah mempelajari kimia pigmen dunia nyata yang umum seperti kobalt dan oker. Mereka telah melihat secara fisika bagaimana cat air diserap ke dalam kertas berbahan dasar kapas yang tebal. Dan mereka telah meneliti cara-cara memotong setebal cat minyak mengering untuk menambah dimensi pada sebuah lukisan," tulis Scott Belsky, wakil presiden eksekutif Creative Cloud dalam sebuah posting blog. 

Untuk itu, Adobe Fresco akan menyertakan fitur baru yang disebut Live Brushes yang meniru bagaimana cat air dan cat minyak yang sebenarnya berperilaku di atas kanvas. Bergantung pada alat yang digunakan, warna dapat saling bercampur satu sama lain atau diterapkan dalam sapuan yang bersih, jernih, dan tajam. Selain mengakses kuas dari Photoshop, seniman akan memiliki akses ke ribuan kuas yang dibuat oleh pembuat kuas digital Kyle Webster.

Creative Cloud dari Adobe (adobe.com)

Fresco diharapkan menjadi jawaban Adobe untuk Procreate dan aplikasi iPad saingan lainnya. File secara otomatis disimpan di Creative Cloud, memberi artis alternatif untuk sistem manajemen file iOS atau Dropbox. Sistem berbasis cloud semakin memperluas kapasitas Fresco dan memungkinkan para seniman untuk membuat karyanya saat bepergian. 

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Belsky mengatakan dia berpikir "era file" telah berakhir karena lebih banyak pelanggan beralih ke platform berbasis cloud. Kalian bisa melihat preview Adobe Fresco dari video di bawah ini. Mulai berkeinginan menjadi pelukis nomad gengs?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"