Gak Punya AC? Gini Caranya Biar Rumah Kamu Sejuk Alami

Gak Punya AC? Gini Caranya Biar Rumah Kamu Sejuk Alami

Musim hujan tak kunjung tiba hingga bulan Oktober ini. Malah semakin panas aja cuaca di luar. Bikin males keluar rumah sama pergi-pergi. Pas buka pintu di siang hari, wush.. hawa panas mengurungkan niat keluar rumah.

Tapi kok di rumah juga sama panasnya? Kipas angin gak membantu lagi dan kamu gak ada AC. Gimana dong biar suasana rumah jadi lebih adem?

Yak, kamu rajin beribadah dan berdoa aja di rumah ya. Biar jadi adem suasananya. Wkwkwkw...

Habis berdoa kamu bisa lakukan tips berikut ini deh. Bisa juga dilakukan kalau kamu lagi merancang pengen bikin rumah.

Dilansir dari Merdeka.com, berikut ini beberapa cara biar rumah kamu lebih sejuk dan nyaman di tengah terik matahari.

1. Bikin Langit-Langit yang Tinggi

Langit-langit rumah yang tinggi (thermocrazy.com)

Kalau rumahmu udah jadi, cara ini butuh renovasi besar emang. Nanti kalau kamu mau bikin rumah, buatlah langit-langitnya yang tinggi ya. Langit-langit rumah yang pendek bikin ruangan lebih panas.

2. Buat Bukaan yang Cukup

Kalau langit-langit rumahmu udah terlanjur rendah, buatlah jendela atau bukaan baru. Fungsinya untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah.

Selain itu udara luar yang segar bisa lancar masuk ke dalam rumah.

Memasang ventilasi silang juga salah satu cara agar udara mudah berganti. Caranya dengan membuat jendela atau lubang angin yang saling berhadapan.

3. Tutup Jendela dengan Tirai

Tirai bisa mengahlangi cahaya matahari (curbed.com)

Suhu panas bisa berasal dari cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Jendela yang berukuran besar bisa ditutup saja dengan tirai. Terutama jika menghadap ke timur atau barat.

4. Memakai Dinding Styrofoam

Styrofoam merupakan bahan yang tidak bisa menghantarkan panas. Rumah yang pas menghadap arah terbit dan tenggelam matahari akan jadi panas. Apalagi kamarmu tiap hari kena cahaya matahari. Bisa lebih panas dari ruangan yang lain.

Kamu bisa memasang styrofoam pada dinding rumah atau kamar. Styrofoaam ini juga bisa meredam suara. Biasanya bahan ini dipakai pada studio rekaman biar gak berisik.

5. Memasang Turbine Ventilator

Itu loh, yang dipasang di atap rumah dan bisa berputar. Kayak kipas angin tapi masangnya di atap. Fungsinya untuk menangkap angin dan mengalirkannya ke dalam ruangan.

6. Biarkan Pintu Terbuka



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"