Gak Cuma Zodiak dan Golongan Darah, Yuk Intip Kepribadian Myers Briggs

Gak Cuma Zodiak dan Golongan Darah, Yuk Intip Kepribadian Myers Briggs

Kalau selama ini kamu tahunya zodiak atau golongan darah, coba deh cari tahu tipe kepribadianmu berdasar Myers Briggs.

Tipe kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) dibuat berdasarkan teori tipe psikologi C. G. Jung.

Inti dari teori ini adalah bahwa banyak variasi acak dalam perilaku sebenarnya cukup teratur dan konsisten. Myers Briggs Type Indicator dibuat Isabel Briggs Myers dan ibunya, Katharine Briggs. Tujuannya untuk membuat tipe kepribadian yang dapat diakses oleh individu dan kelompok.

MBTI dibuat berdasar teori Jung (mouth.com)

Beberapa kriterian yang digunakan adalah berdasarkan:

Tipe dunia: Apakah kamu lebih suka fokus pada dunia luar atau dunia batinmu sendiri? Ini disebut Extraversion (E) atau Introversion (I).

Cara memproses informasi: Apakah Anda lebih suka fokus pada informasi dasar yang kamu peroleh (realita) atau lebih suka menafsirkan dan menambahkan makna? Ini disebut Sensing (S) atau Intuition (N).

Cara mengambil keputusan: Saat membuat keputusan, apakah kamu lebih suka melihat logika dan konsistensi terlebih dahulu atau melihat orang dan keadaan khusus terlebih dahulu? Ini disebut Berpikir (T) atau Merasa (F).

Struktur: Dalam berurusan dengan dunia luar, apakah kamu lebih suka untuk memutuskan sesuatu atau lebih suka tetap terbuka terhadap informasi dan opsi baru? Ini disebut Judging (J) atau Perceiving (P).

Ada 16 tipe kepribadian MBTI (livescience.com)

Extrovert atau Introvert

Kalau kamu lebih suka menggunakan energi untuk bersosialisasi dengan orang, benda, situasi, atau "dunia luar", maka preferensi kamu adalah ekstrovert.

Kalau kamu lebih suka menggunakan energi untuk berurusan dengan ide, informasi, penjelasan atau kepercayaan, atau "dunia batin", maka kau termasuk introvert.

Sensing atau Intuition

Hal ini menyangkut jcara memproses informasi. Lebih suka berurusan dengan fakta, apa yang kamu ketahui, suka kejelasan, menggambarkan apa yang Anda lihat, maka preferensi kamu adalah Sensing.

Kalau lebih suka berurusan dengan ide baru, mencari yang tidak diketahui, untuk menghasilkan kemungkinan baru atau mengantisipasi apa yang tidak jelas, maka kamu lebi menggunakanuntuk Intuisi.

Thinking dan Feeling

Mencerminkan gaya pengambilan keputusan. Jika lebih suka memutuskan berdasarkan logika obyektif, menggunakan pendekatan analitik dan terpisah, maka masuk Thinking.

Jika lebih suka memutuskan menggunakan nilai-nilai, rasa moral dan kemanusiaan makan cenderung Feeling.

Judgment atau Perception

Menggambarkan gaya hidup.

Orang yang suka merencanakan dan terstruktur dengan baik masuk golongan Judgment. Kalau lebih suka mengikuti arus, fleksibel dan mudah beradaptasi maka masuk golongan Perception.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"