Fungsi Otak Kanan dan Kiri, Mengejutkan!

Fungsi Otak Kanan dan Kiri, Mengejutkan!

Otak besar atau biasa disebut serebum yang ada di bagian atas batang otak merupakan bagian terbesar dari otak manusia gengs.

Bagian tersebut punya tanggung jawab untuk kegiatan yang berhubungan intelektual, seperti nalar, kemampuan berpikir, membayangkan, merencanakan, serta mengingat.

Seperti yang kita ketahui, otak kita terbagi menjadi belahan (hemisfer) kanan dan kiri. Masing-masing itu ternyata peranan masing-masing lho gengs.

Fungsi otak kiri

Fungsi otak kiri Fungsi otak kiri (prophixblog.id)

Fungsi dari otak kiri ternyata berfungsi dalam hal-hal yang mencakup dengan logika, rasio, kemampuan membaca dan menulis, dan juga hitungan.

Bagian otak tersebut punya kendali penuh intelligence quotient (IQ). Faktanya, daya ingat otak bagian kiri ternyata bersifat jangka pendek. Jadi bisa lupa gengs.

Fungsi otak kanan

Fungsi otak kanan Fungsi otak kanan (creativityatwork.com)

Otak kanan punya peranan dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Contohnya semisal dalam bersosialisasi, interaksi, komunikasi, dan pengendalian emosi.

Di otak kanan ini terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, ekspresi tubuh, menari, menyanyi, melukis, dan juga memadukan.

Fungsi otak kanan dan kiri mana yang lebih baik?

Sebenarnya kalau berkata fungsi otak kanan dan kiri yang paling baik ya keduanya memiliki tanggung jawab yang berbeda gengs.

Keduanya sama-sama memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Namun menurut para ahli mengatakan kalau sebagian orang hidup menggunakan otak kirinya.

Biasanya para pengguna otak kiri akan menjadi anak eksak. Mereka berkecenderungan punya telinga kanan yang lebih tajam.

Kaki dan tangan kanannya juga lebih baik fungsinya dibanding yang kiri. Demikian juga sebaliknya dengan otak kanan.

Otak

Otak Otak (univerlist.com)

Namun sebenarnya kita juga bisa lho mengoptimalkan kinerja fungsi otak kanan dan kiri gengs biar lebih balance, alias seimbang.

Caranya seringlah melakukan senam otak (brain gym). Prinsip senam ini sih cuma melakukan gerakan-gerakan menyimpang melewati bagian tengah atau yang disebut corpus callosum.

Gimana? Sekarang paham kan fungsi otak kanan dan kiri gengs. Mau kalian seimbangkan atau kalian biarkan unggul salah satu.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"