Full Day School, Cocok untuk Orang Tua yang Sibuk

Full Day School, Cocok untuk Orang Tua yang Sibuk

Seperti namanya, full day school adalah sekolah sepanjang hari. Biasanya dari pagi hingga sore antara pukul 07.00-15.00 WIB. Untuk anak-anak, istirahat dilakukan setiap dua jam sekali. PAUD yang full day school ada jam tidur siangnya juga.

Full Day School

Hal yang diutamakan dalam model full day school adalah pengaturan jadwal mata pelajaran dan pendalaman materi. Waktu belajar lebih panjang dan leluasa.

Full day school (nannyoptions.ie)

Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I, Pasal 1, ayat 1 menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang dimiliki dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Full day school menjadi sarana untuk mengembangkan potensi siswa dan bakat yang ada di dalam dirinya. Jadwal di dalam full day school sudah disesuikan agar tidak membebani dan memberatkan siswa.

Program full day school ini dikatakan menguntungkan bagi siswa karena siswa berada di lingkungan sekolah seharian, sehingga anak mendapatkan pengawasan dan pendampingan penuh dari guru di sekolah. Terutama bagi siswa yang orang tuanya bekerja seharian.

Full day school baik untuk orang tua sibuk (webcomicms.net)

Program-program sekolah lebih kompleks tidak hanya program kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan materi standar kurikulum. Materi dikembangkan dengan pelajaran tambahan yang dapat menunjang kegiatan pengembangan kemampuan siswa.

Full day school sebenarnya memiliki kurikulum inti yang sama dengan sekolah umumnya, namun mempunyai kurikulum lokal. Dengan demikian kondisi anak didik lebih matang dari segi materi akademik dan non akademik.

Pemerintah mengharapkan bahwa aktivitas sekolah seharian penuh seperti ini dapat menghadirkan cara belajar yang menyenangkan, interaktif, dan praktis. Sekolah bukan hanya tempat tatap muka sambil duduk belajar saja.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"