Foto Kakek Berkopiah Hitam yang Sering di Pajang di Rumah Makan Padang, Siapakah Dia?

Foto Kakek Berkopiah Hitam yang Sering di Pajang di Rumah Makan Padang, Siapakah Dia?

Peenah gak sih kalian mengamati beberapa rumah makan padang atau kedai yang pemiliknya orang minang? Kadang ada sebuah Foto kakek berkopiah hitam?

Kalau yang pernah liat, tentunya kalian bertanya-tanya bukan siapa sih sosok kakek tersebut, kok kayaknya famous banget, hampir tiap warung padang terpampang wajahnya?

Sosok kakek misterius (Tribunnews.com)

Barangkali kamu kepikiran kalau si kakek ini memiliki anak atau cucu segudang yang memiliki usaha di semua profesinya? Gils~

Sempat ada sih yang udah penasaran banget dan menanyakan sosok dibalik Foto kakek berkopiah hitam itu gengs.

Simbol orang Pariaman

Usut punya usut, si pemilik rumah makan akan bercerita panjang mengenai si kakek tersebut. Selesai mengetahui cerita siapa kakek tersebut, kesimpulan berikutnya adalah siapapun yang memajang foto kakek tersebut, mereka adalah orang Pariaman, Sumatera Barat.

Ungku Saliah (Blokkita..com)

Ungku Saliah namanya

Dengan adanya foto kakek berkopiah hitam ini menandakan rumah makan tersebut adalah asli Pariaman. Semua foto Ungku Saliah selalu sama: kepala berkopiah hitam yang sedikit miring ke kanan, berjenggot agak panjang, serta mengenakan kain sarung kotak-kotak yang dikalungkan di leher. 

Semua fotonya pun sudah pasti hitam putih. "Ungku Saliah adalah ulama, tokoh agama asli Pariaman yang dikeramatkan," tutur Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas, Nusyirwan Effendi kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Antropolog lulusan Bielefeld University, Jerman itu mengatakan, adanya foto Ungku Saliah konon bisa mendatangkan rezeki. Semacam simbol yang menunjukkan bahwa mereka masih menghormati sang tokoh agama tersebut. Nama aslinya adalah Syech Kiramatulla Ungku Saliah, lahir pada 1887 di Pariaman. 

Semasa hidupnya, konon Ungku Saliah diberikan kekuatan khusus untuk menyembuhkan penyakit. Makamnya yang berada di Sungai Sariak, Pariaman, hingga kini masih penuh peziarah terutama di bulan Ramadan. "Selain Ungku Saliah, biasanya orang Pariaman juga memajang foto keluarga atau kerabat yang berpakaian militer," tambah Nusyirwan.

Motivasi (Kompas.com)

Motivasinya untuk memperingati pengunjung

Sebenernya Foto kakek berkopiah hitam ini berguna untuk memberikan peringatan pada pengunjung biar gak main-main di sana.

Hal itu, menurut Nusyirwan, adalah untuk "menakut-nakuti" pengunjung agar tidak "main-main" dengan rumah makan tersebut. Baik foto Ungku Saliah maupun foto kerabat berpakaian militer biasa dipajang di belakang kasir.

Nah sekarang terjawab bukan siapa dan untuk apa foto itu dipajang gengs? Gimana menurut kalian?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"