FOMO vs JOMO, Kamu yang Mana Ya?

FOMO vs JOMO, Kamu yang Mana Ya?

Semakin maraknya media sosial, membuat orang semakin berlomba-lomba untuk memamerkan tentang kehidupan mereka yang seakan tidak mau kalah dengan konten milik orang lain. Bahkan sampai muncul istilah FOMO vs JOMO.

Kalian pernah mendengar tentang kedua istilah ini? FOMO dan JOMO adalah dua istilah yang baru-baru ini viral dan sering dikaitkan dengan psikologi pengguna media sosial. Lantas, apa kamu sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan FOMO dan JOMO?

Apa itu FOMO dan JOMO?

FOMO vs JOMO (via Java Global Futures)

FOMO atau Fear of Missing Out adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang sering memposting semua kegiatan mereka ke dalam media sosial. Bahkan tidak jarang mereka membandingkan kehidupan yang mereka miliki dengan orang lain di media sosial.

Sedangkan JOMO atau joy of missing out adalah kebalikan dari FOMO, yaitu istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang yang lebih berfokus pada kegiatan nyatanya tanpa terhubung dengan ponsel.

Orang-orang yang menerapkan JOMO dalam kehidupan mereka umumnya lebih nyaman menikmati waktu di dunia nyata. Mereka sudah puas dengan kehidupan yang mereka miliki, tanpa sibuk membandingkan diri dengan kehidupan orang lain.

Mengapa orang menjadi bersikap FOMO?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"