Film Parasite Kuasai Penghargaan Piala Oscar 2020, Empat Kategori Bergengsi Berhasil Dilibas

Film Parasite Kuasai Penghargaan Piala Oscar 2020, Empat Kategori Bergengsi Berhasil Dilibas

Tahun ini adalah tahun yang sangat spesial bagi film Asia, khususnya Parasite di ajang penghargaan film bergengsi Academy Award ke-92. 

Tak hanya menyabet Piala Oscar untuk Best International Feature (Foreign Language Film), yang kerap menjadi satu-satunya nominasi bagi film luar Hollywood untuk memenangkan penghargaan. Film besutan Bong Joon-Ho ini juga mencaplok banyak kategori bergengsi lainnya.

Selain menjadi film berbahasa non-Inggris terbaik, Parasite digancar Best Original Sreenplay dan Best Director untuk Bong sendiri. Mengalahkan Scorcesse dan Tarantino.

Bahkan film Korea Selatan ini juga menjadi film terbaik tahun ini melalui penghargaan Best Picture. Sungguh tak dapat dipercaya gengs!

Film Parasite Kuasai Penghargaan Piala Oscar 2020 (oscar.go.com)

Disertai standing ovation dari setiap sineas yang hadir di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat para pemain dan kru film Parasite naik ke atas panggung dipimpin oleh produser mereka, Kwak Sin-Ae.

Ia juga yang menerima penghargaan tersebut dan dilanjutkan dengan pembacaan pidato kemenangan. Sementara panggung dipenuhi para pemain seperti Song Kang-Ho, Lee Sun-Kyun, Cho Yeo-Jeong, Choi Woo-Shik, Park So-Dam, dan Lee Jung-Eun, serta Chang Hyae-jin.

Dengan memenangkan empat kategori besar tersebut secara praktis Parasite menguasai malam penghargaan Academy Awards. Yang sangat jarang terjadi mengingat film tersebut tidak diproduksi di Holywood.

Film Parasite Kuasai Penghargaan Piala Oscar 2020 (nytimes.com)

Dalam kategori International Feature Film (Foreign Language Film), Parasite mengalahkan film Pain and Glory (Spanyol), Les Misérables (Prancis), Honeyland (Republik Makedonia Utara), dan Corpus Christi (Polandia).

Untuk kategori Original Screenplay Parasite yang ditulis oleh Han Jin-won dan Bong Joon-ho sendiri harus bersaing dengan Marriage Story (Noah Baumbach) Once Upon a Time in Hollywood (Qeuntin Tarantino), Knives Out (Rian Johnson), dan 1917 (Krysty Wilsin-Cairns dan Sam Mendes).

Sedangkan pesaing mereka dalam katergori Best Picture adalah 1917 karya Sam Mendes, Ford v Ferrari buatan James Mangold, Joker besutan Todd Phillips, Once Upon a Time in Hollywood milik Quentin Tarantino, The Irishman karya legenda Martin Scorsese, Little Women garapan Greta Gerwig, Jojo Rabbit garapan Taika Waititi, dan terakhir Marriage Story besutan Noah Baumbach.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"