Fenomena "Childfree" Marak Terjadi, Inikah Penyebab Suami Istri Tak Mau Punya Anak?

Fenomena "Childfree" Marak Terjadi, Inikah Penyebab Suami Istri Tak Mau Punya Anak?

Childfree memang menjadi istilah yang sedang tren akhur-akhir ini. Ini adalah pilihan hidup suami istri yang memutuskan untuk tidak memiliki anak setelah menikah. Pernikahan tanpa kehadiran anak benarkah bikin mereka bahagia?

Victoria Tunggono sebagai penulis Childfree & Happy mengatakan bahwa menjadi orangtua bukan perkara yang mudah karena dituntut untuk siap dalam hal materi dan fisik, juga soal mental menjadi seorang ayah dan ibu bagi anaknya. Alhasil beberapa orang memutuskan untuk siap tidak memiliki anak saat menikah.

Selebgram Gita Saviftri memberikan pengumuman di Instagram jika  memang dia dan suami sepakat untuk tidak memiliki anak. Sementara artis Cinta Laura juga pernah mengemukan pilihan untuk tidak mau memiliki anak. Memang apa saja penyebab orang memutuskan untuk melakukan childfree?

Gita Savitri dan Suami Tak Mau Punya Anak (Suara.com)

1. Fisik

Faktor fisik menjadi penyebab orang tidak mau memiliki anak. Misalnya pasangan suami istri yang dirasa memiliki fisik yang tidak akan bisa merawat anak, membuat mereka putuskan untuk hidup hanya berdua di dalam keluarga.

2. Masalah Pribadi

Suami atau istri yang memiliki gangguan psikologis juga ada pengaruhnya. Bila masalah seseorang terkait pribadi atau hal lain belum selesai sementara harus memiliki anak dirasa tidak tepat. Mereka lebih memprioritaskan menyelesaikan masalah dibandingkan "menambah masalah" baru.

3. Ekonomi

Memiliki anak berarti harus siap mental dan finansial. Kondisi ekonomi yang terbatas membuat suami istri menjadi khawatir bila anak akan menambah pengeluaran hidup suami istri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"