Fakta Soal Amphicoelias Fragillimus, Hewan Terbesar Sepanjang Masa yang Mencapai 60 Meter

Fakta Soal Amphicoelias Fragillimus, Hewan Terbesar Sepanjang Masa yang Mencapai 60 Meter

Tahukah kalian kalo zaman dulu ada hewan-hewan yang ukurannya luar biasa. Bahkan, ukurannya nggak ada yang menandingi di masa sekarang. Salah satu hewan tersebut ialah Amphicoelias Fragillimus. 

Amphicoelias masuk dalam kelompok sauropod dinosaurs. Hewan ini hidup di Amerika utara pada 150 juta tahun yang lalu. Kemungkinan ia dulu tinggal di area hutan dan sabana atau daerah yang agak kering.

dinosaurus amphicoelias (dino.wiki.org)

Penemuan tulang Amphicoelias fragillimus ini yaitu pada 1877 di Golden Park, Colorado. Hewan ini adalah salah satu yang terbesar di bumi yang pernah hidup.

Akan tetapi, karena nggak ada bukti fosil yang cukup, fakta ini belum bisa dibuktikan secara saintifik. Berikut beberapa fakta menarik soal Amphicoelias Fragillimus yang perlu kalian ketahui:

dinosaurus amphicoelias (sciencephoto.com)

1. Amphicoelias Fragillimus bisa mencapai panjang sekitar 200 kaki atau 61 meter dan berat hingga 125 ton.

2. Ahli paleontologi modern percaya kalo ukurannya besar berfungsi untuk meningkatkan efisiensi pencernaan. Amphicoelias punya sistem pencernaan yang sangat panjang. Ini dirancang buat nyimpen makanan dalam waktu lama dan mastiin kelangsungan hidup dengan pola makan nabati dengan kandungan energi rendah.

3. Amphicoelias Fragillimus punya ciri khas leher yang sangat panjang dan ekor yang sangat panjang.

4. Amficoelias punya tubuh yang relatif kurus, tapi berat karena proporsinya yang sangat besar.

5. Amphicoelias Fragillimus berjalan pakai keempat kakinya (hewan berkaki empat).

6. Amphicoelias Fragillimus punya gigi yang sangat panjang dan ramping. Bentuknya kayak batang silindris. Gigi diorientasikan ke depan, ke arah bagian depan mulut.

7. Amphicoelias kemungkinan besar aktif di malam hari. Para peneliti percaya kalo ia beristirahat pada siang hari di bawah naungan pohon-pohon tinggi untuk mencegah kepanasan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"