Fakta Pertempuran Khe Sanh Dimulai, Perang Paling Ngeri dalam Sejarah Vietnam

Fakta Pertempuran Khe Sanh Dimulai, Perang Paling Ngeri dalam Sejarah Vietnam

Pertempuran Khe Sanh dimulai 21 Januari 1968

Taukah kalian sama pertempuran Khe Sanh? Pertempuran ini terjadi antara 21 Januari sampai 8 April 1968. Kejadiannya saat Perang Vietnam, pasukan Vietnam Utara lawan US Army.

Di masa awal perang, waktu itu markas Amerika Serikat berada di Khe Sanh. Letaknya dekat sama perbatasan Vietnam Utara.

Pertempuran Khe Sanh (wikipedia.org)

Prajurit yang bermarkas ngirim unit secara gabungan ke perbatasan itu. Tentu saja untuk melawan Tentara Rakyat Vietnam dalam Pertempuran Dok To.

Selanjutnya, di tahun 1967, gerakan pasukan Vietnam Utara makin tambah banyak. Tapi, komandan tinggi angkatan Amerika di Vietnam tetep yakin sama gerakan Amerika dari banyak perjuangan Viet Cong di Vietnam Selatan. 

Pertempuran Khe Sanh (grid.id)

Kemudian, markas Amerika di Khe Sanh diserang sama Tentara Rakyat Vietnam pada 21 Januari 1968. Ini terjadi waktu serangan Tet.

Awalnya, Vietnam Utara menekan Angkatan AS dari garis pertahanan. Garis pertahanan yaitu di luar markas sampai markas dalam. Di situlah angkatan AS terus menerus bikin serangan.

Selanjutnya, awal bulan Februari, Vietnam Utara nyerang posisi Amerika di sebelah selatan Khe Sanh. Mereka berhasil menaklukkan. Khe Sanh akhirnya dikepung sama pasukan Vietnam Utara yang ngadain serangan setiap harinya di markas tersebut. 

Vietnam Utara juga mulai menembakan artileri dengan cara memborbardis besar-besaran pada markas. Sekitar lebih dari 700 ribu granat dari pasukan Vietnam Utara menghantam Khe Sanh. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"