Fakta Menarik tentang May Day yang Diperingati Setiap Tanggal 1 Mei

Fakta Menarik tentang May Day yang Diperingati Setiap Tanggal 1 Mei

Di Hari Buruh 2019 ini, kalian sudah tau fakta apa aja nih gengs tentang May Day yang diperingati setiap tanggal 1?

Sebenarnya ada beberapa fakta menarik untuk kita kepoin apalagi jelang hari buruh 2019. Melihat kembali ke belakang, sebenarnya ada kenangan buruk saat itu.

Luka kelam di era Orde Baru. Pada setiap tanggal 1 Mei, para buruh akan mendemonstrasikan tuntutan atas kesejahteraan hidup mereka. Terus gimana dan apa aja faktanya? Yuk kita kulik bersama di bawah ini.

May Day (beritaku.id)

Sejarah Hari Buruh Indonesia

Hari buruh digagas karena sejarah panjang dari perjuangan para buruh yang melawan di kelas pekerjaan pada aturan perindustrian di Amerika Serikat pada saat itu.

Pada jaman dulu peringatan hari buruh sempat dilarang. Namun seiring dengan adanya perjuangan dari para buruh maka Indonesia juga turut merayakan.

Kini organisasi buruh yang berorientasi kelas kemudian diubah menjadi organisasi yang berorientasikan ekonomis, namun kesejahteraan buruh tak juga membaik.

May Day tak selalu berarti hari buruh

Gak cuman hari buruh sih arti dari May Day gengs. Sebenarnya bagi beberapa negara May Day diartikan sebagai perayaan musim semi gengs.

Tapi ada juga kok yang mengartikannya sebagai tanda untuk mengenang perjuangan keras para pekerja di seluruh dunia.

(newtapanuli.com)

Alasan May Day jadi hari libur

Menurut beberapa sumber kenapa sih May Day menjadi hari libur bagi semua pekerja? Ya hal itu dilakukan untuk menghargai 4 buruh di Chicago, Amerika Serikat yang ditembak mati oleh polisi saat menuntut keadilan.

Di tahun 1889, ada beberapa kelompok di Paris yang memutuskan untuk menjadikan 1 Mei sebagai hari libur untuk memperingati May Day.

(vojko-obersnel.com)

Identik dengan demonstrasi

Setiap tanggal 1 Mei sudah bisa kita pastikan selalu ada demonstrasi dari kelompok buruh di berbagai negara gengs.

Meskipun ada macam-macam tuntutannya, namun intinya kalau ditarik secara garis lurus tuntutan mereka untuk kesejahteraan kaum buruh gengs.

Nah jadi itulah fakta-fakta menarik terkait May Day yang bisa kamu ketahui. Gimana? Apakah kalian juga akan ikut aksi untuk memperjuangkan kemaslahatan para buruh negara kita?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"