Fakta-fakta Tibetan Mastiff: Anjing Raksasa dari Tibet

Fakta-fakta Tibetan Mastiff: Anjing Raksasa dari Tibet

Anjing adalah hewan peliharaan yang paling banyak digemari manusia. Beberapa jenis anjing yang populer mulai dari golden retriever, pudel, dan lain sebagainya. Tapi pernag gak kalian dengar jenis anjing tibetan mastiff?

Anjing jenis ini beda dari jenis anjing yang populer untuk dipelihara. Tibetan mastiff termasuk jenis anjing yang cukup langka untuk dipelihara di Indonesia. Kenapa? Panas geng~

Tibetan mastiff adalah anjing raksasa. Badannya benar-benar besar, dan kalian perlu tau nih fakta-faktanya seperti dikutip dari IDN Times berikut ini.

Fakta pertama

Fakta pertama Ini nih anjing tibetan mastiff (reddit.com)

Tibetan mastiff adalah anjing raksasa. Anjing ini memiliki tubuh besar, pejantannya punya bobot 90-150 kilogram. Sementara yang betina antara 70-120 kilogram.

Ukuran tubuh tibetan mastiff ini juga tinggi. Dan dengan ukuran tubuh besar serta bobot yang bisa sekuintal lebih itu, dua ekor anjing tibetan mastiff aja bisa membunuh seekor singa ganas.

Fakta kedua

Fakta kedua Mereka maunya tinggal di udara dingin~ (pinterest.com)

Tibetan mastiff tuh lebih suka tinggal di tempat yang dingin kayak para leluhurnya. Soalnya, anjing supergede yang kayak beruang ini memiliki bulu lebat di sekitar leher. 

Mantel bulu di leher mereka berfungsi untuk melindungi serangan udara dingin. Jadi, aman tuh kalo tinggal di kawasan dengan suhu dingin bersalju.

Sebaliknya, tibetan mastiff nggak cocok tinggal di udara panas meski mereka juga bisa bertahan di kawasan beriklim panas.

Fakta ketiga

Fakta ketiga Salah satu spesies anjing paling tua di dunia (sueddeutsche.de)

Tibetan mastiff adalah salah satu spesies anjing paling tua di dunia. Bahkan keturunan dari para leluhurnya masih ada sampe sekarang.

Anjing jenis ini udah dipelihara orang-orang tertentu sejak 1100 SM karena mereka adalah anjing pekerja. Pekerjaan mereka adalah menjaga domba-domba yang diternak tuan-tuannya.

Kalo ada serangan dari pemangsa, anjing jenis ini bakal sigap mengejar, atau malah juga bisa ngebunuh loh. Misalnya serangan harimau atau beruang liar.

Tibetan mastiff juga dipelihara orang-orang besar seperti Jenghis Khan. Makanya, Jenghis Khan bisa naklukin sebagian dunia gengs.

Fakta keempat

Fakta keempat Mereka tuh posesif banget sama tuannya (bunte.de)

Tibetan mastiff ternyata sangat posesif gengs sama keselamatan tuannya. Mereka lebih setia dari anjing yang biasa dipelihara di rumah-rumah.

Mereka akan menjaga keselamatan para tuannya, termasuk kawasan tempat mereka tinggal. Mereka bahkan bisa menguasai hal baru dengan cepat, makanya dipelihara juga di rumah-rumah di kawasan beriklim dingin gitu.

Kala siang, mereka lebih sering diam aja di rumahnya. Bukannya males, tapi karena menghemat energi untuk berjaga di malam hari. Dan satu yang perlu kalian inget baik-baik, mereka sangat sensitif pada orang yang nggak mereka kenal. Galak loh.

Fakta kelima

Fakta kelima Tibetan mastiff juga berumur panjang gengs~ (indiatoday.in)

Nah, keunggulan lain dari anjing tibetan mastiff ini  adalah ... usianya panjang gengs~ OMG~

Tibetan mastiff ternyata cenderung lebih lambat dalam berkembang. Baik jantan atau betina, mereka butuh waktu 4-7 tahun unuk bisa tumbuh dengan sempurna. Makanya, usianya bisa dua kali lipat anjing pada umumnya.

Kalo kalian pengin memelihara anjing yang kayak beruang ini, kalian perlu punya banyak uang karena harganya supermahal. Kebayar lah sama berbagai kelebihannya.

Selain itu, sebaiknya kalian punya halaman yang luas mengingat tubuhnya gede banget. Kalian juga perlu memberikan perawatan ekstra dan ekstra perhatian karena doi posesif banget.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"