Pernah Minta Jokowi Mundur dan Tolak TKA Ilegal Masuk Indonesia, Siapakah Sosok Ruslan Buton Sebenarnya?

Pernah Minta Jokowi Mundur dan Tolak TKA Ilegal Masuk Indonesia, Siapakah Sosok Ruslan Buton Sebenarnya?

Sosok Ruslan Buton pernah bikin heboh lantaran meminta Jokowi untuk mundur dari presiden. Ruslan Buton merupakan eks anggota TNI AD yang pernah viral usai membuat pernyataan terbuka kepada Presiden RI, Joko Widodo. Dalam pernyataannya, Ruslan Buton meminta Jokowi untuk mundur.

Video momen Ruslan Buton meminta Jokowi mundur pernah viral di media sosial pada 18 Mei 2020 lalu. Ruslan Buton menilai tata kelola berbangsa dan bernegara di tengah pandemi Covid-19 sulit diterima oleh akal sehat. Ruslan Buton juga mengkritisi kepemimpinan Jokowi.

Menurut Ruslan Buton, solusi terbaik untuk menyelamatkan bangsa Indonesia adalah Jokowi rela mundur dari jabatannya sebagai Presiden.

"Namun bila tidak mundur, bukan menjadi sebuah keniscayaan akan terjadinya gelombang gerakan revolusi rakyat dari seluruh elemen masyarakat," tutur Ruslan Buton di video itu.

10 hari setelah membuat surat terbuka tersebut, Ruslan Buton dijemput polisi di kediaman orangtuanya di Jalan Poros, Pasar Wajo Wasuba Dusun Lacupea, Desa Wabula 1, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Kamis (28/5/2020), tanpa perlawanan.

Siapakah Sosok Ruslan Buton Sebenarnya (Tribun)

?Penangkapan oleh tim gabungan Satgassus Merah Putih bersama Polda Sulawesi Tenggara dan Polres Buton ini karena adanya laporan yang masuk ke SPKT Bareskrim Polri bernomor LP/B/0271/V/2020/BARESKRIM tanggal 22 Mei 2020.

Pelapor Aulia Fahmi membuat Laporan Polisi nomor LP/B/0271/V/2020/Bareskrim tanggal 22 Mei 2020 dengan terlapor Ruslan Buton.

Aulia melaporkan Ruslan Buton atas dugaan tindak pidana penyebaran berita bohong sesuai UU 1/1946 tentang KUHP Pasal 14 Ayat (1) dan (2) dan/atau Pasal 15 dan Penyebaran Berita Bohong (hoaks) melalui Media Elektronik UU 19/2016 tentang Perubahan Atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 28 Ayat (2) serta Kejahatan Terhadap Penguasa Umum UU Nomor 1 tahun 1946 tentang KUHP Pasal 207.

Lalu bagaimana kabar Ruslan Buton sekarang?

Beberapa waktu lalu, Ruslan Buton ini tampil di podcast channel Youtube, Refly Harun. Prajurit berpangkat Kapten sebelum dipecat ini rupanya mendapatkan penangguhan penahanan pada Desember 2020 lalu. Hingga kini Ruslan Buton masih menjalani rentetan persidangan.

"Saya tidak tahu sudah sidang keberapa. Sekarang lagi pemeriksaan sidang ahli," kata Ruslan di YouTube Refly Harun berjudul 'INI LHO KAPTEN YANG SEMPAT HEBOH MINTA JOKOWI MUNDUR!', Sabtu (28/8/2021).

Namun yang paling menyedihkan dari kabar Ruslan Buton adalah sejak adanya masalah hukum yang menimpanya, ia kehilang sejumlah orang terdekatnya. Saat Ruslan Buton di penjara, istrinya, Erna Yudhiana (44) meninggal dunia karena sakit pada September 2020. Ruslan Buton diberi izin untuk melihat jenazah istrinya sejenak.

Sebelum meninggal, Erna Yudhiana sendiri sempat hadir ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk memperjuangkan keadilan bagi suaminya dengan mengajukan praperadilan pada Juli 2020 lalu.

Kabar duka berikutnya, pada Januari 2021, ayah dari Ruslan Buton juga meninggal dunia karena sakit. Terakhir, pengacara Ruslan Buton Tonin Tachta Singarimbun juga meninggal dunia awal Juli 2021 lalu.

Menurut Ruslan, saat ini dia belum memiliki pengacara baru, tapi sudah ada beberapa advocat yang ingin mendampinginya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"