Enggak Usah Emosi, Ini Tips Menghadapi Tetangga Menyebalkan dengan Cara Islami

Enggak Usah Emosi, Ini Tips Menghadapi Tetangga Menyebalkan dengan Cara Islami

Memang ada ya tips menghadapi tetangga menyebalkan dengan cara Islami? Faktanya, kehidupan bermasyarakat memang selalu penuh dengan liku-liku. Bahkan dalam lingkungan yang selalu tolong menolong, mungkin ada saja orang menyebalkan dan selalu mau menang sendiri. Padahal, dalam ajaran Islam, bersikap baik pada tetangga adalah sebuah keutamaan. Duh, harus bagaimana ya?

Terkait hal ini, Ustaz Maulana, sebagaimana dilansir dari Detik, sempat memberikan wejangan. Dia membeberkan cara menyikapi tetanggap toksik yang mau menang sendiri, selalu mau diberi tapi tak mau diberi, dan sikap menyebalkan lainnya. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya:

1. Jangan Membalas dengan Sikap Menyebalkan

Tips Menghadapi Tetangga Menyebalkan dengan Cara Islami (via Verywell Mind)

Kalau sudah tahu bahwa ada tetangga kita punya sifat menyebalkan, jangan pernah sekali-kali membalasnya dengan sikap yang sama. Kalau kamu membalas, berarti kamu enggak ada bedanya dengan dia dong! Lagipula, melakukan tindakan yang sama hanya akan menabuh gendering perang sehingga membuat hubungan sosialmu jadi memburuk.

Alih-alih membalas dengan sikap yang sama, sebaiknya kamu menjadikan hal ini sebagai pelajaran untuk diri sendiri. Koreksi apakah selama ini kamu juga pernah tindakan menyebalkan seperti tetanggamu. Jangan-jangan malah sikap menyebalkan tetanggamu itu gara-gara kamu pernah menyakiti hatinya tanpa sadar.

Ingat bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang selalu memperbaiki diri sehingga tidak punya waktu untuk mencampuri urusan atau mencari keburukan orang lain. Luruskan niat dan fokus pada peningkatan kualitas dirimu sendiri.

2. Bersabar



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"