Duh, Semut Bisa Bunuh Diri Masal dengan Cara Aneh Sekaligus Kasian, Apa Penyebabnya?

Duh, Semut Bisa Bunuh Diri Masal dengan Cara Aneh Sekaligus Kasian, Apa Penyebabnya?

Ternyata nggak cuma manusia aja yang bisa bunuh diri. Semut pun bisa. Mereka bunuh diri dengan cara yang cukup unik, aneh, tapi juga kasian. 

Semut bunuh diri secara masal bukan karena stres atau kalah karena bertarung dalam lawan koloni lainnya. Fenomena semut bunuh diri ini dilakukan dengan cara membuat lingkaran gerombolan. Sampai akhirnya terperangkap dan mati deh. 

semut melingkar (belajarsampaimati.com)

Semut-semut itu akan terus berputar melingkar sampai akhirnya nggak bernyawa. Ini biasa disebut dengan Ants Circle of Death. 

Kejadian semut bunuh diri masal ini pertama kali ditemukan sama Beebe di tahun 1921. Ia waktu itu lagi berjalan di Guyana. Di sana, ia nemuin keanehan pada semut tentara yang terpisah sama koloni. 

Semut-semut membentuk lingkaran. Bergerak cepat, dan lingkaran makin membesar karena banyak semut yang ikutan. 

Ants circle of death (onedio.co)

Semut-semut berputar dengan lingkar kaki 1200. Serta, dibutuhin waktu selama 2,5 jam untuk semua semut buat nyelesein loop. Gerakan berputar bakal berlangsung selama 2 hari sampai banyak semut yang mati karena haus dan capek. 

Melansir Mother Nature Network, semut tentara berputar-putar karena buta. Mereka juga nggak pernah tinggal di satu tempat tapi terus berjalan dengan massa untuk mencari makanan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"