Duh, Pria Ini Hampir Meninggal Setelah Minum Air Es Saat Cuaca Panas, Apa Penyebabnya?

Duh, Pria Ini Hampir Meninggal Setelah Minum Air Es Saat Cuaca Panas, Apa Penyebabnya?

Seorang pria hampir saja meninggal dunia setelah dirinya meneguk air dingin ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Pria bernama Adam Schaub kala itu sedang bekerja dengan cuaca suhu mencapai 37’C. Lalu saat ia sedang beristirahat, ia memutuskan meminum 2 botol air dingin dan duduk di kabin truk ber-AC.

Lalu ketika ia sedang berada dalam taksi, Adam meras aneh dan melihat bintik-bintik.

"Perut saya menjadi sangat mual dan tangan serta kaki saya mulai kesemutan," kata Adam, dari Houston, Texas.

Ilustrasi orang minum air dingin (pexels.com)

Ia berusaha keluar dari pintu, namun sebelum keluar tubuhnya seketika terjatuh. Ayahnya pun menghampirinya dan mengusap wajahnya ke bawah.

Saat itu juga, Adam dilarikan ke rumah sakit. Ketika tiba, ia dijelaskan dengan sebuah fakta yang mengejutkan dimana tubuhnya kala itu syok karena diberi air dingin.

Dr Sarah Jarvis, GP dan direktur klinis Patient.info, mengatakan kepada The Sun, Adam tampaknya telah mengalami kasus ekstrim "ice cream head"

"Jika seseorang minum sesuatu yang sangat dingin, sangat cepat, rasa dingin di langit-langit mulut Anda merangsang saraf di sekitar sana. Itu pada gilirannya menyebabkan kontraksi yang cepat, kemudian melebarkan pembuluh darah kecil di sinus Anda,” ungkapnya.

“Otak menyela pesan dari saraf-saraf ini sebagai pesan yang datang dari dahi Anda, karena saraf yang sama mensuplai dahi Anda. Setelah ini terjadi, Anda biasanya merasakan sakit yang tiba-tiba, tetapi itu bisa membuat Anda merasa pusing,” lanjutnya lagi.

"Semua gejala yang dia gambarkan terdengar seperti episode pingsan, yang seringkali disebabkan oleh kekurangan darah di otak", tambah dokter itu.

Dr Jarvis menjelaskan tak sedikit orang yang merasa tidak enak badan saat mengkonsumsi cairian dingin secara mendadak. Itu sebabnya, Adam diperingatkan untuk mengkonsumsi air biasa dengan suhu ruangan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"