Dimulainya Pertempuran Iwo Jima Berakhir dengan 28.000 Korban Meninggal, Jadi Pulau Angker?

Dimulainya Pertempuran Iwo Jima Berakhir dengan 28.000 Korban Meninggal, Jadi Pulau Angker?

Dimulainya pertempuran Iwo Jima karena adanya peperangan militer antara Marinir AS dan Tentara Kekaisaran Jepang. Dimulainya pertempuran Iwo Jima terjadi pada awal 1945. Terletak 750 mil di lepas pantai Jepang.

Dimulainya Pertempuran Iwo Jima

Dimulainya pertempuran Iwo Jima diawali oleh pasukan Amerika yang menginvasi pulau itu pada 19 Februari 1945. Pertempuran Iwo Jima berikutnya berlangsung selama lima minggu. Dimulainya pertempuran Iwo Jima menjadi peristiwa paling berdarah antara Amerika dan Jepang kala itu.

Dimulainya pertempuran Iwo Jima (historynet.com)

Korbannya banyak banget gengs. Dari 21.000 pasukan Jepang di pulau itu hanya sekitar 200 yang selamat. Selain itu terbunuh, bersama 7.000 Marinir Amerika. Puluhan ribu orang menjadi korban karena dimulainya pertempuran Iwo Jima.

Kok bisa sih beda jumlah korbannya jauh banget ketika dimulainya pertempuran Iwo Jima?

Menurut analisis pascaperang, Angkatan Laut Kekaisaran Jepang telah dilumpuhkan karena adanya Perang Dunia II di Pasifik. Sehingga gak bisa mempertahankan kepemilikan pulau kekaisaran, termasuk kepulauan Marshall.

Selain itu, angkatan udara Jepang juga kehilangan banyak pesawat tempur. Mereka gak bisa melindungi garis pertahanan dalam yang dibuat oleh para pemimpin militer kekaisaran. Garis pertahanan ini termasuk pulau-pulau seperti Iwo Jima.

Banyak korban berjatuhan (britannica.com)

Dengan informasi kalau Jepang sedang lemah, para pemimpin militer Amerika merencanakan serangan. Namun, Jepang masih bisa menyusun taktik berperang secara diam-diam. Mengambil keuntungan dari lanskap pegunungan Iwo Jima dan hutan untuk mengatur posisi artileri yang disamarkan.

Dimulainya pertempuran Iwo Jima dimulai dari pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Amerika. Mereka membombardir Iwo Jima dengan bom dari langit dan tembakan keras dari kapal-kapal yang diposisikan di lepas pantai.

Ketika dimulainya pertempuran Iwo Jima Jepang dipimpin oleh Jenderal Tadamichi Kuribayashi. Melawan serangan awal oleh Marinir AS, di bawah komando Holland M. "Howlin 'Mad" Smith.

Pada 19 Februari 1945, Marinir A.S. melakukan pendaratan amfibi di Iwo Jima, dan langsung menemui tantangan yang tidak terduga. Pantai-pantai di pulau itu terdiri atas bukit pasir abu abu vulkanik yang lembut dan curam. kendaraan perangnya susah jalan gengs jadinya.

Orang Amerika menganggap pemboman sebelum serangan itu efektif, dan telah melumpuhkan pertahanan musuh di pulau itu. Tapi ternyata salah. Pas pasukan Amerika berusaha melewati pantai berpasir, pasukan artileri Kuribayashi di pegunungan melepaskan tembakan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"