Diego Maradona Ulang Tahun, Ini Fakta-Fakta Si Legenda Sepak Bola Argentina

Diego Maradona Ulang Tahun, Ini Fakta-Fakta Si Legenda Sepak Bola Argentina

Siapa sih yang nggak kenal sama Diego Maradona? Maradona dikenal sebagai pemain yang melegenda, makanya dia juga punya julukan sebagai legenda sepak bola Argentina.

Performanya yang sangat bagus membuatnya dikagumi banyak orang. Bahkan, lawan-lawan dalam pertandingan mengakui kehebatannya. Yuk, simak fakta-fakta tentang Diego Maradona (legenda sepak bola Argentina) berikut ini. Apa aja sih kehebatan doi?

1. Lakuin gol terbaik di abad ke-20

Diego Maradona (britannica.com)

Maradona pernah melakukan gol hebat yang dianggep sebagai gol terbaik di abad ke-20. Gol itu dilakukannya pada Piala Dunia 1986. Waktu itu, Maradona lakuin solo run melewati 5 pemain. Lalu, ngejebol gawang Peter Shilton buat kedua kalinya.

Makanya, nggak cuma sebagai legenda sepak bola Argentina aja, tapi dia juga jadi legenda sepak bola dunia.

2. Gol tangan Tuhan

Ternyata, 4 menit sebelum ngelakuin gol terbaik, dia udah ngelakuin gol tangan tuhan yang legendaris juga. Gol tersebut dicetak dalam laga 8 besar kontra Timnas Inggris di Piala Dunia 1986.

Pasti kita tau, kalo bola menyentuh tangan pemain sepak bola selain kiper adalah pelanggaran. Tapi, pada kasus Diego Maradona, gol tangan itu disahkan sama wasit loh. 

Kejadian ini sebenernya jadi kontroversi dan perdebatan panjang. Saat itu, teknologi belum maju. Makanya, langsung disahkan sama wasit Ali Bin Nasser asal Tunisia. Gol Maradona saat itu kejadian sepersekian detik doang saat nerima umpan dari Jorge Valdano. 

3. Ada gereja yang dinamai Maradona

Gejera Iglesia Maradoniana didirikan penggemar legenda sepak bola Argentina (Tribunnews.com)

Ada sebuah gereja di Argentina yang dinamai Maradona, loh. Gereja ini didirikan pada 30 Oktober 1998. Sering juga disebut dengan Iglesia Maradoniana.

Gereja tersebut rupanya diciptakan oleh penggemar legenda sepak bola Argentina ini. Melansir dari Wiki, ada pengikut 120 ribu sampai 200 ribu orang. Ini ngebuktiin kalo sosok Maradona emang melegenda.

4. Legenda klub Napoli



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"