Dicibir Syirik, Ritual Kendi Nusantara Yang Dilakukan Presiden Jokowi Dengan Satukan Air Dari 34 Provinsi Di Calon Ibu Kota Baru Ternyata Punya Makna Mendalam

Dicibir Syirik, Ritual Kendi Nusantara Yang Dilakukan Presiden Jokowi Dengan Satukan Air Dari 34 Provinsi Di Calon Ibu Kota Baru Ternyata Punya Makna Mendalam

Presiden Jokowi  atau Joko Widodo  menggelar Ritual Kendi Nusantara di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin, 14 Maret 2022. Prosesi ini dilakukan Presiden Jokowi dengan menyatukan tanah dan air yang dibawa dari setiap provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Jokowi sudah memerintahkan 34 gubernur dari seluruh provinsi untuk membawa kendi berisi air. Kendi yang berasal dari tanah itu diisi air yang diambil dari titik lokasi yang sesuai dengan kearifan lokal dan budaya masing-masing provinsi.

Setelahnya, air-air tersebut dituang ke dalam gentong yang sudah dipersiapkan. Kemudian ritual dilanjutkan dengan acara adat tepung tawar. Ritual-ritual ini tidak lepas dari protes publik. Tidak sedikit dari mereka menyebut ritual tersebut syirik dan sesat. Bahkan tagar ‘Ritual Syirik’ menduduki trending setelah ritual ini digelar.

Foto: Ritual Kendi Nusantara (YouTube/Sekretariat Presiden)

Terlepas dari itu, dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan penyatuan tanah dan air Nusantara ini menandai cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan segera dimulai yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara. Presiden juga menekankan prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara merupakan bentuk kebinekaan dan persatuan yang kuat untuk membangun Ibu Kota Nusantara.

“Kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta dan seluruh masyarakat dalam pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu apa yang kita cita-citakan ini segera terwujud,” kata Presiden Jokowi yang dikutip dari VOI.id, Selasa, 15 Maret 2022.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan terkait prosesi penyatuan tanah dan air yang dilakukan Jokowi tersebut. Dia mengatakan prosesi ini sebenarnya dilakukan sebagai penanda dimulainya pembangunan IKN Nusantara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"