Dicetak Terbatas, Begini Lho Cara Mendapat Uang Kertas Rp75.000 Edisi HUT RI Terbitan Bank Indonesia

Dicetak Terbatas, Begini Lho Cara Mendapat Uang Kertas Rp75.000 Edisi HUT RI Terbitan Bank Indonesia

Ada yang spesial nih pada HUT RI ke-75 tahun ini. Bank Indonesia (BI) secara resmi menerbitkan uang baru edisi HUT RI ke-75. Uang baru itu bernilai Rp75.000.

Nilai rupiah baru yang diterbitkan oleh BI ini tergolong langka loh. Soalnya, BI biasanya mengeluarkan edisi khusus untuk rupiah dalam bentuk koin.

Gubernur Bank Indonesia Perry Wajiyo mengatakan bahwa uang peringatan kemerdekaan Indonesia ini adalah persembahan kebahagiaan kepada masyarakat Indonesia.

Uang baru edisi HUT RI ke-75 tahun (Twitter @ganjarpranowo)

Uang baru Rp75.000 ini didominasi oleh warna merah, putih, dan hijau. Tema besar dan makna filosofis di baliknya adalah menyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Tema itu digambarkan lewat desain mata uang yang meliputi halaman bergambar peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 silam. Dan tentu saja menampilkan dua wajah proklamator, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Tapi, uang baru untuk edisi khusus ini jelas dicetak terbatas gengs. Sampe akhirnya banyak orang yang pengin punya uang baru ini pada kepo banget gimana cara mendapatkan uang Rp75.000 itu.

Dikutip dari Kompas.com, dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT RI ke-75 ini, Perry Warjiyo mengatakan, "Masyarakat bisa memperoleh uang peringatan kemerdekaan ini melalui mekanisme penukaran uang rupiah Rp75.000. Kami telah distribusikan uang kemerdekaan ke seluruh kantor-kantor Bank Indonesia."



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"