Di Jepang Ada Jutaan Rumah yang Kosong Tanpa Penghuni, Kira-Kira Apa Penyebabnya Ya?

Di Jepang Ada Jutaan Rumah yang Kosong Tanpa Penghuni, Kira-Kira Apa Penyebabnya Ya?

Biasanya, pertambahan populasi membuat sebuah wilayah semakin mengalami krisis tempat tinggal. Namun berbeda dengan Jepang, dimana negara ini justru memiliki jutaan rumah yang tak berpenghuni dan tersebar di beberapa wilayah.

 

Dikutip dari IFL Science, rumah kosong tersebut atau biasa disebut dengan istilah ‘rumah penyihir’. Sebagian besar berada di kawasan pedesaan karena memang kurang dari 1 dari 10 orang di Jepang bertempat tinggal di luar kota.

 

"Banyak sekali rumah kosong, terlebih orang-orang tidak mau tinggal di desa yang di sekitarnya ada rumah hantu itu," kata Chris McMorran, akademisi studi Jepang di National University of Singapore.

Jepang memiliki jutaan rumah kosong tak berpenghuni (detik)

 

"Ada penolakan untuk tinggal di pedesaan karena kurangnya akses ke fasilitas seperti rumah sakit dan toko serba ada," tambahnya.

 

Menurut hasil survei pemerintah beberapa tahun lalu, ada sekitar 8,5 juta rumah kosong di Jepang. Apalagi, orang Jepang memang lebih suka membeli rumah baru ketimbang rumah bekas.

 

"Di Jepang, rumah baru seperti mobil baru, yang kehilangan banyak nilainya begitu sudah keluar dari showroom," terang McMorran.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"