Di Balik Alasan Menlu Retno Marsudi Sering Pakai Sepatu Beda Warna

Di Balik Alasan Menlu Retno Marsudi Sering Pakai Sepatu Beda Warna

Dari beberapa menteri wanita dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri  (Menlu) Retno Marsudi  adalah sosok pribadi yang unik. Selain kerap tampil fashionable, Retno mencuri perhatian karena mengenakan sepatu beda warna.

Salah satu momen Retno mengenakan sepatu beda warna adalah saat menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri ketika datang ke Indonesia. Kala itu ia mengenakan sepatu berwana putih di kaki kanan dan sepatu hitam di kaki kiri.

Mungkin banyak yang bertanya alasan Retno mengenakan sepatu beda warna. Apakah ingin mencari sensasi atau sekedar untuk penampilan semata? Namun apa yang dilakukan Retno adalah sebuah gerakan untuk menghargai perbedaan dan keragaman manusia atau biasa disebut human diversity.

Di Balik Alasan Menlu Retno Marsudi Sering Pakai Sepatu Beda Warna (Okezone News)

Jangan salah lho karena gerakan tersebut memiliki perayaan khusus setiap tanggal 3 Mei.  Hari Sepatu Nasional Dua Warna atau National Two Different Colored Shoes Day dirayakan dengan mengenakan dua sepatu dengan warna berbeda.

Konon menurut sejarah adalah Dr. Arlene Kaiser yang mencetus gerakan tersebut dengan tujuan semua manusia bisa saling mengakui, menghormati, dan merayakan sebuah keberagaman manusia.

Selain bentuk gerakan keberagamanan manusia, Retno mengaku nyaman ketika harus memakai sepatu beda warna saat menjalani tugasnya sebagai Menlu. Termasuk saat mengecek persiapan G-20 di Bali beberapa waktu lalu.

Ketika Retno melakukan agenda besar seperti menjalani sidang umum PBB, ia pun tak sungkan mengenakan sepatu yang berbeda warna, meskipun penampilannya tentu mendapatkan perhatian dari para sahabat dari negara lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"