Deretan Miliarder Kulit Hitam Paling Tajir di Dunia

Deretan Miliarder Kulit Hitam Paling Tajir di Dunia

Deretan milarder kulit hitam paling tajir di dunia, emang ada ya? Banyak! Dan kali ini, kita mau bikin ulasan soal itu.

Sejauh ini, deretan orang tajir gak ketulungan itu rata-rata adalah orang kulit putih. Jarang deh orang kulit hitam yang tereskpos, padahal sama-sama tajir sih.

Kita mah sibuk ngomongin atau ngebayangin aja cukup kali ya. Karena butuh kerja keras kalo kalian pengen setajir mereka sekarang juga! Yaudah, disimak nih deretan miliarder kulit hitam paling tajir di dunia.

#10 Mohammed 'Mo' Ibrahim

#10 Mohammed 'Mo' Ibrahim Foto Mo Ibrahim (mrfcj.org)

Miliarder kulit hitam yang satu ini akrab disapa Mo Ibrahim. Ternyata doi adalah salah satu miliarder terkaya di Inggris. Bapak yang satu ini lahir di Sudan dan di Inggris sukses menjalankan bisnis komunikasi.

Tapi doi jual perusahaannya, Celtel International, ke perusahaan asal Kuwait pada 2005 lalu. Dan kini, Mo Ibrahim menjalani misi kemanusiaan untuk meningkatkan kualitas hidup warga Afrika, tanah kelahirannya.

Mo Ibrahim punya harta kekayaan hingga 1,18 miliar dollar AS atau setara dengan hampir Rp19 triliun! Wuih....

#9 Folorunsho Alakija

#9 Folorunsho Alakija Foto Folorunsho Alakija (pulse.ng)

Gak banyak orang yang tau namanya. Dia adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang busana. Waktu dagang busana dulu, salah satu pelanggan Alakija adalah Ibu Negara Nigeria Maryam Babangida.

Alakija emang warga Nigeria. Dan kini, Alakija udah jadi Vice Chairman-nya Famfa Oil. Ini adalah perusahaan yang bermitra dengan Chevron dan Petrobras. Dia adalah salah satu orang terkaya di Afrika.

Di Nigeria, kekayaan miliarder wanita berkulit hitam yang tajir melintir ini mencapai 1,49 miliar dollar AS. Ini Udah lebih dari Rp22 triliun kalo pake kurs Rupiah sekarang.

#8 Michael Jordan

#8 Michael Jordan Foto Michael Jordan dulu dan sekarang (stantondaily.com)

Siapa lagi yang gak kenal pebasket Michael Jordan? Dia udah jadi mantan pemain basket NBA sih, tapi Jordan ternyata masih dapat keuntungan dari kontraknya bersama Nike. Itu belum termasuk dari kemitraan lainnya sih.

Waktu masih jadi pemain basket dulu, Jordan bisa dapet uang hingga 90 juta dollar AS. Kekayaan mantan pebasket ini mencapai 1,65 miliar dollar AS yang setara dengan Rp25 triliun gengs.

Kini, mantan pemain klub Chicago Bulls ini punya saham klub basket negara bagian Carolina Utara, Charlotte Hornets. Giliran main saham nih, pendapatan om Jordan malah melesat ke atas selama setahun ketimbang as doi masih main basket dulu.

#7 Patrice Motsepe

#7 Patrice Motsepe Foto Patrice Motsepe (buzzsouthafrica.com)

Nama lengkapnya adalah Patrice Tlhopane Motsepe yang dikenal juga sebagai pengusaha pertambangan dan miliarder asal Afrika Selatan.

Motsepe dan istrinya pun punya Motsepe Foundation yang tujuannya adalah memberantas kemiskinan di Afrika Selatan. Ia juga membantu anak-anak muda di sana untuk menyalurkan bakat positif mereka.

Motsepe diketahui menjadi orang terkaya di Afrika Selatan karena memiliki harta hingga 2,6 miliar dollar AS, setara dengan hampir Rp40 triliun gengs!

#6 Isabel dos Santos

#6 Isabel dos Santos Foto Isabel dos Santos (newvision.co.ug)

Wanita ini adalah warga negara Angola yang lahir di Azerbaijan. Dia adalah juga miliarder wanita supertajir asal benua Afrika yang punya harta kekayaan hingga 2,7 miliar dollar AS. Kira-kira hampir Rp41 triliun lah.

Isabel sendiri adalah anak pertama dari mantan Presiden Joe Eduardo dos Santos. Ayahnya memimpin Angola sejak 1979 hingga 2017 kemarin. Kekayaannya berasal pula dari warisan dan segala macam investasi yang keluarganya miliki.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"