Deretan Kampus Termahal di Indonesia, Ada yang Biaya Semesterannya Bisa Buat Beli Mobil

Deretan Kampus Termahal di Indonesia, Ada yang Biaya Semesterannya Bisa Buat Beli Mobil

Indonesia memiliki banyak universitas negeri dan swasta. Hampir setiap kota di Indonesia memiliki universitas. Setiap universitas pun memiliki biaya pendidikan yang beragam, ada yang murah sampai mahal. Badan Pusat Statistik atau BPS membuat laporan jika setiap tahunnya biaya pendikan di universitas naik sebanyak 10 - 15 persen.

Biaya kuliah memang tidak murah apalagi beberapa universitas di Indonesia dikenal sebagai universitas yang cukup mahal. Kabarnya hanya mahasiswa-mahasiswa yang miliki orangtua kaya yang bisa kuliah di kampus tersebut. Berikut daftar universitas mahal yang ada di Indonesia.

1. Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau Binus menjadi salah satu universitas yang biaya pendidikannya cukup mahal. Dilansir dari Urbanindo, untuk satu semester berkisar Rp 21 juta - Rp 75 juta. Tentu uang semester tiap jurusan berbeda-beda. Tercatat di Jakarta ada dua kampus Binus dan di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Universitas Bina Nusantara (BINUS UNIVERSITY)

2. President University

Presiden University terletak di kawasan industri Jababeka, Jawa Barat. Universitas ini dikenal dengan kurikulum berbasis internasional. Dengan biaya semester sekitar Rp 30 juta, universitas ini memiliki banyak fasilitas untuk para mahasiswa saat berkuliah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"