Deretan Bandara yang Masuk dalam Megahubs Dunia, Indonesia Juga Ada Nih...

Deretan Bandara yang Masuk dalam Megahubs Dunia, Indonesia Juga Ada Nih...

Paragengs, kalian udah tau belom kalo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, menempati posisi ke-10. Posisi apa nih? Ya, bandara dengan koneksi rasio penerbangan terjadwal paling banyak. Oh, termasuk juga sebagai bandara paling terkoneksi di dunia.

Kabar ini didapat dari laporan Megahubs International Index 2018. Bandara Soekarno-Hatta disebut dalam daftar 10 besar World's Most Internationally Connected Airports yang dirilis lembaga air travel intelligence milik Inggris, OAG.

Kriteria penilaian di antaranya adalah penerbangan internasional dari dan ke bandara tersebut. Termasuk juga penerbangan internasional ke internasional, domestik ke internasional, serta internasional ke domestik. Lengkap abis!

Nah, biar gak penasaran, simak nih deretan bandara yang masuk ke dalam Megahubs dunia.

1. Bandara Heathrow, London, Inggris

1. Bandara Heathrow, London, Inggris Ya jelaslah... ini bandara super-sibuk di dunia (cnet.com)

Megahubs International Index 2018 mencatat Bandara Heathrow di peringkat pertama. Bandara ini sibuknya minta ampun! Semua penerbangan dari dan ke manapun di Eropa atau dunia pasti mampir ke sini. Bandara dengan kode LHR ini mendapat nilai indeks konektivitas 313.

2. Bandara O'Hare International, Chicago, Amerika Serikat

2. Bandara O'Hare International, Chicago, Amerika Serikat Bandara O'Hare di Chicago (bizjournals.com)

Bandara berkode ORD ini terletak di Chicago, Negara Bagian Illinois, Amerika Serikat. Bandara ini jadi tuan rumah maskapai penerbangan United Airlines. Dalam Megahubs International Index 2018, bandara ini mendapat skor konektivitas 306.

3. Bandara Frakfurt, Jerman

3. Bandara Frakfurt, Jerman Frankfurt-Flughafen (timesofmalta)

Di posisi ketiga ada Bandara Frankfurt di Jerman. Nilai konektivitas dalam indeks Megahubs-nya sebesar 302 poin. Bandara terbesar di Jerman ini punya dua landasan paralel sepanjang 4.000 meter. Sistem pengurusan bagasi otomatis di bandara ini bahkan udah dimulai sejak tahun 1972. Gokil!

4. Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda

4. Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda Schiphol selalu rame penumpang gengs (skift.com)

Bertengger di peringkat 4, Schiphol memiliki indeks konektivitas sebesar 286, gengs. Kalo yang udah pernah ke Belanda, pasti tau deh Schiphol ini terletak 3 meter di bawah permukaan laut loh. Maskapai penerbangan KLM berumah di sini. Dan Schiphol terkenal sebagai bandara yang paling sibuk juga di Eropa.

5. Bandara Pearson, Toronto, Kanada

5. Bandara Pearson, Toronto, Kanada Keren ya bandaranya (betakit.com)

Rangking kelima pemeringkatan bandara dunia dengan konektivitas terbaik jatuh kepada bandara internasional Toronto-Pearson, di Kota Toronto, Kanada. Fasilitas publik untuk penerbangan inilah yang paling sibuk di Kanada. Indeks konektivitas Bandara Pearson ini adalah 271 poin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"