Deretan Bahasa Tertua Berusia Ribuan Tahun di Dunia yang Masih Digunakan Sampe Sekarang

Deretan Bahasa Tertua Berusia Ribuan Tahun di Dunia yang Masih Digunakan Sampe Sekarang

Bahasa adalah salah satu modal penting dalam pergaulan dan berkomunikasi. Kamu nguasain bahasa apa nih gengs? Rata-rata anak jaman sekarang sih minimal menguasai bahasa Inggris lah ya~

Bahasa Inggris mungkin salah satu bahasa tertua di dunia. Tapi ternyata ... bahasa ini masih tergolong lebih 'muda' ketimbang bahasa-bahasa tertua lain yang berusia ribuan tahun di dunia.

Kali ini kita mau mengulas deretan bahasa tertua yang berusia ribuan tahun di dunia yang masih digunakan sampe sekarang. Kamu nguasain yang mana nih?

#1 Tamil

#1 Tamil Bahasa Tamil masih eksis sampe sekarang (shutterstock.com)

Bahasa Tamil adalah salah satu bahasa tertua di dunia. Bahasa ini bahkan masih digunakan orang-orang sampe sekarang, dituturkan oleh lebih dari 78 juta orang di dunia.

Bahasa Tamil adalah satu-satunya bahasa klasik di dunia yang masih bertahan sampe sekarang, di jaman modern ini. Bahasa Tamil tidak seperti dua bahasa lain yang sama tuanya seperti bahasa India Kuno dan bahasa Sanskerta yang berhenti digunakan.

Para peneliti menemukan bahwa bahasa ini eksis sejak 300 SM dalam sebuah prasasti. Bukti lain menyebutkan bahwa ilmuwan percaya bahasa Tamil yang digunakan di Sri Lanka dan Singapura ini pertama kali muncul 2500 SM, usianya ribuan tahun gengs.

Bahasa Tamil terus berkembang hingga kini dan jadi salah satu bahasa yang digunakan di dunia.

#2 China

#2 China Bahasa China juga salah satu yang tertua di dunia nih (unsplash.com)

Bahasa tertua di dunia selanjutnya adalah bahasa China. Bahasa ini digunakan oleh banyak orang di dunia dan mulai digunakan sejak 1250 SM di akhir dinasti Shang.

Karena usianya udah ribuan tahun, banyak perkembangan bahasa China. Misalnya dialek dan variasi seperti Mandarin, Kanton, hingga Hokkien. Jumlah penutur bahasa China sendiri diperkirakan lebih dari 1,2 miliar orang di China dan seluruh dunia.

Bahasa China sendiri menjadi satu dari enam bahasa resmi PBB.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"