Dasar-Dasar Barisan Bilangan Aritmatika dan Geometri, Yuk Belajar!

Dasar-Dasar Barisan Bilangan Aritmatika dan Geometri, Yuk Belajar!

Matematika kadang emang bikin pusing. Tapi, kalo kalian udah paham rumus-rumusnya dijamin kalian nggak bakal pusing, loh. Nah, sekarang yuk belajar baris aritmatika dan geometri dulu sama-sama. Ini bisa jadi dasar untuk kalian belajar tentang deret aritmetik dan geometri.

Aritmatika dan geometri adalah dua jenis barisan bilangan. Keduanya punya rumus yang nggak sama.

Dalam barisan aritmetika, susunan bilangan yang antara satu bilangan ke bilangan berikutnya punya selisih yang sama. Setiap sukunya adalah hasil dari penjumlahan atau pengurangan dengan suatu bilangan.

Sementara itu, dalam barisan geometri, susunan bilangan antara satu bilangan ke bilangan berikutnya punya rasio yang sama. Apa itu rasio? Rasio adalah perbandingan antara dua suku berurutan dalam barisan geometri.

Baris Aritmatika

Rumus selisih antara suku-suku berdekatan bada baris aritmatika adalah sebagai berikut:

aritmetika (idschool.net)

Selisih setiap suku disebut dengan beda (b). Sementara itu, baris artimetika akan mempunyai susunan seperti gambar di bawah ini.

aritmetika (idschool.net)

Sekarang, coba liat contoh barisan aritmetika berikut: 1, 3, 5, 7, 9. Maka, ini artinya : b = (9 – 7) = (7 – 5) = (5 – 3) = (3 – 1) = 2

Baris Geometri

Seperti yang udah dijelasin, barisan geometri yaitu susunan bilangan yang punya rasio sama dalam antar bilangannya. Barisan geometri disebut sebagai barisan geometri naik kalo punya nilai rasio lebih dari satu (r > 1). Lalu, barisan geometri turun dibentuk dari nilai rasio antara nol dan satu (0 < r < 1).

Bentuk barisan geometri bakal seperti gambar di bawah ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"