Daftar Nama-Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Kalian Ketahui!

Daftar Nama-Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Kalian Ketahui!

Kalo kalian adalah seorang Muslim, tentunya kalian perlu mengetahui 25 nama-nama nabi dan rasul. Soalnya ini menjadi salah satu bukti sikap rukun iman.

Seperti kalian tau, rukun iman itu ada 6. Yaitu, iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada nabi dan rasul Allah, iman kepada hari kiamat, serta iman kepada qada' dan qadar. Iman kepada nabi dan rasul termasuk rukun iman ke 4.

Al-Quran (liputan6.com)

Sebelumnya, kalian perlu mastiin dulu kalo udah tau pengertian nabi dan rasul. Kata nabi secara harfiah artinya adalah pembawa berita. Nabi berarti seorang laki-laki yang mendapatkan wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri dan nggak diwajibkan menyampaikannya ke umat.

Sementara itu, rasul secara harfiah artinya utusan. Rasul adalah laki-laki yang mendapat wahyu dari Allah buat dirinya sendiri dan punya kewajiban untuk menyampaikan wahyu kepada umat.

Jadi, nabi dan rasul adalah laki-laki terpilih yang bertugas menyampaikan wahyu dan jadi perantara antara Allah dengan seluruh ciptaannya. Kalo kalian percaya pada nabi dan rasul, artinya kalian juga mempercayai kalo wahyu yang diberikan kepada mereka adalah benar dan berasal dari Allah.

Al-Quran (egypttoday.com)

Menurut sebuah hadits, jumlah rasul ada 313 orang. Kemudian, untuk jumlah nabi ada 124 ribu orang. Tapi, nama-nama yang wajib diketahui hanya berjumlah 25 orang aja yang disebutin di Al-Quran. Sementara itu, Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir dari seluruh nabi dan rasul.

Berikut 25 nama-nama nabi dan rasul tersebut:

1. Nabi Adam AS

2. Nabi Idris AS

3. Nabi Nuh AS

4. Nabi Hud AS

5. Nabi Shaleh AS

6. Nabi Ibrahim AS

7. Nabi Luth AS

8. Nabi Ismail AS

9. Nabi Ishaq AS

10. Nabi Yaqub AS

11. Nabi Yusuf AS

12. Nabi Ayub AS

13. Nabi Zulkifli AS

14. Nabi Syu’aib AS

15. Nabi Yunus AS

16. Nabi Musa AS

17. Nabi Harun AS

18. Nabi Daud AS

19. Nabi Sulaiman AS

20. Nabi Ilyas AS

21. Nabi Ilyasa AS

22. Nabi Zakaria AS

23. Nabi Yahya AS

24. Nabi Isa AS

25. Nabi Muhammad SAW



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"