Daftar Kesaktian Sunan Gunung Jati yang Belum Banyak Diketahui, Ada yang Terkait Ilmu Kedokteran

Daftar Kesaktian Sunan Gunung Jati yang Belum Banyak Diketahui, Ada yang Terkait Ilmu Kedokteran

Sunan Gunung Jati  atau Syekh Syarif Hidayatullah adalah salah satu tokoh dari sembilan wali atau Wali Songo yang bertugas menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Sunang Gunung Jati memiliki berbagai kesaktian, sama dengan ke-8 Wali Songo lainnya.

Sunan Gunung Jati menyebarkan Islam di kawasan pesisir utara Cirebon, Jawa Barat dan sekitarnya. Sunan Gunung Jati sudah dikenal memiliki kehebatan dan tercatat dalam naskah kuno Cirebon.  “Naskah itu merupakan bukti nyata perkembangan Cirebon oleh Sunan Gunung Jati,” kata Opan Sapari, seorang Filolog asal Cirebon.

Menurutnya ribuan naskah kuno Cirebon yang berhasil diterjemahkan memuat kehebatan dan kesaktian Sunan Gunung Jati. Berikut ini 5 kesaktian Gunung Jati yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang.

Daftar Kesaktian Sunan Gunung Jati yang Belum Banyak Diketahui, Ada yang Terkait Ilmu Kedokteran (Laduni.id)

1.    Ahli Bahasa

Dalam naskah kuno Cirebon, Sunan Gunung Jati diketahui menguasai 99 bahasa, Bahasa yang dikuasai bukan hanya bahasa dunia, juga ada bahasa lokal atau daerah di seluruh wilayah Indonesia.

2.    Ahli Ilmu Kedokteran

Sunan Gunung Hati diceritakan memilki kesaktian dalam bidang kedokteran. Misalnya saat perut seorang wanita yang tiba-tiba membesar namun bukan karena hamil. Sunan Gunung Jati memeriksa tanpa menggunakan alat kedokteran khusus. Ia melihat bahwa di dalam perut wanita itu ada tumor yang ganas. Jadi ia bisa melakukan deteksi penyakit tertentu.

3.    Ahli Politik

Dalam menyebarkan Islam dan mengembangkan Cirebon, Sunan Gunung Jati dapat meruntuhkan  kekuatan Padjajaran dan mengusir bangsa Portugis di Selat Sunda dibantu prajurit Kerajaan Demak. Sebab jika Selat Sunda dikuasai Portugis, maka kerajaan Islam di Jawa akan lemah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"