Daftar 5 Besar Provinsi Paling Kaya di Indonesia, Mana Saja Ya?

Daftar 5 Besar Provinsi Paling Kaya di Indonesia, Mana Saja Ya?

Badan Pusat Statistik (BPS) RI akhir tahun 2020 lalu resmi merilis data terbaru Produk Domestik Bruto (PDRB) seluruh provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia. 

Data tersebut terdiri dari total PDRB dan PDRB per kapitanya. Bentuknya mulai dari harga tetap maupun harga konstan.

Sebagai informasi, PDRB merupakan indikator umum yang digunakan untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu wilayah. PDRB dihitung lagi menjadi per kapita (dibagi jumlah penduduk) supaya lebih akurat.

# Provinsi Paling Kaya di Indonesia

Nah, buat kalian yang penasaran provinsi mana saja yang masuk daftar 10 besar provinsi terkaya di Indonesia. Simak deh ulasannya di bawah ini!

1. Berdasar Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 yang dirilis tahun 2020. DKI Jakarta adalah provinsi terkaya di Indonesia. Total PDRB per kapita DKI Jakarta mencapai USD19.029 atau setara Rp269 juta. 

Itu karena Jakarta adalah pusat pemerintahan, pusat keuangan, dan pusat bisnis terbesar di Indonesia. 

2. Posisi kedua provinsi terkaya di Indonesia diisi oleh Provinsi Kalimantan Timur. Total PDRB per kapita Kaltim adalah USD 12.423 atau setara Rp175 juta. 

Sungai Mahakam di Samarinda (hot.liputan6.com)

Provinsi dengan ibu kota Samarinda ini memang terkenal memiliki kekayaan alam tambang gas, minyak, dan batubara yang melimpah.

Selain itu ada juga perusahaan pupuk terbesar di Asia Tenggara yaitu PT Pupuk Kaltim.

3. Provinsi Kalimantan Utara jadi provinsi berikutnya dengan PDRB per kapita sebesar USD9.286 atau setara dengan Rp131 juta.

Sama seperti provinsi Kaltim, Provinsi Kalimantan Utara dikenal memiliki kekayaan alam minyak dan gas. Kota yang jadi pusat ekonomi, keuangan, dan industri di Kalimantan Utara adalah Kota Tarakan.

4. Kepulauan Riau kini turun menjadi posisi keempat dengan total PDRB per kapita sebesar USD8.658 atau setara dengan Rp122 juta. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"