Contoh Teks Eksposisi Singkat, Perhatikan Lalu Pelajari

Contoh Teks Eksposisi Singkat, Perhatikan Lalu Pelajari

Tau gak sih apa eksposisi itu? Berbicara terkait teks eksposisi tentunya sangat dekat kaitanya dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Teks eksposisi adalah suatu bagian dari berbagai jenis teks yang ada.

Teks eksposisi singkat sering membingungkan terkadang (WebMateri.com)

Dalam artikel paragram ini kita bakal coba mengulas lebih banyak tentang pengertian teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi tersebut, struktur teks eksposisi, jenis-jenis teks eksposisi, dan faedah yang terdapat di dalam sebuah teks eksposisi.

biar lebih gampang kamu dalam belajar apa itu teks eksposisi, kita bakal memberikan beberapa contoh teks eksposisi. Oke langsung saja, berikut ini adalah contoh teks eksposisi singkat.

Pengertian Teks Eksposisi

Begini gengs, Teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang di dalamnya terdapat beberapa informasi yang isi dari paragraf tersebut bisa di tulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan sebuah pernyataan dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan jelas.

Dilansir dari situs sahabatnesia.com tentang contohnya.

1.Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi:

Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Tesis

Disaat kondisi perekonomian global tengah krisis, torehan pertumbuhan ekonomi di Indonesia menunjukkan hasil yang sangat positif.

Jika dibandingkan pada triwulan kedua tahun ini dengan periode yang sama dengan tahun lalu, ekonomi di Indonesia meningkat kurang lebih sekitar 6,4%.

Pertumbuhan ini masih tetap terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5%. Apabila kita akumulasikan, pertumbuhan ekonomi di Indonesia semester I tahun 2012 jauh lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya tumbuh sekitar 6,3%.

Argumentasi

Akan tetapi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dinilai mengalami anomali. Hal ini dikatakan oleh Salamuddin Daeng, seorang pengamat ekonomi di Indonesia for Global Justice. Ia berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak di ikuti dengan pengningkatan kesejahteraan rakyatnya.

Tidak hanya itu saja, Daeng juga menjelaskan, sekurang-kurangnya ada 4 faktor yang membuat ekonomi di Indonesia ini mengalami anomali.

Pertama, perekonomian di Indonesia jauh lebih banyak di tengarai oleh hutang asing yang nilainya semakin meningkat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"